PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INKUIRI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Titin Agustin (1), Dr. (2), Professor (3)
(1) SD Negeri Tanggul Wetan 02 Jember, Indonesia,
(2) Universitas Jember, Indonesia,
(3) Universitas Terbuka, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas, praktibilitas, dan Efektifikas LKPD berbasis pembelajaran di luar kelas. Jenis penelitian ini adalah R&D menggunakan model ADDIE dengan tahapan, diantaranya yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Sebagai Subjek penelitian adalah siswa kelas VIA,B,C  SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data pendahuluan, data observasi dan wawancara pada penelitian pendahuluan dianalisa dengan analisa komparatif.  Analisis data kevalidan LKPD, Analisis data kepraktisan LKPD, analisis data keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan silabus, RPP, LKPD, bahan ajar, tes hasil belajar diperoleh kategori nilai modus 4 dengan rata-rata reliabilitas diatas 89% dan dinyatakan valid/layak untuk digunakan. Kepraktisan Pengembangan LKPD berdasarkan hasil penilaian tiga observer pada tiga kelas menyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat praktis dengan berada pada 89,62% sampai 90,69%. Keefektifan Pengembangan LKPD berbasis pembelajaran di luar kelas berdasarkan hasil N-Gain yang diperoleh dari pre-test dan post-test di kelas A, B, dan C diperoleh kategori tinggi, sehingga dapat dinyatakan bahwa  LKPD berbasis pembelajaran di luar kelas dinyatakan efektif digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan inkuiri dan hasil belajar siswa.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Banowati, E., Tjaturahono Budi, Ms. S., & Si, M. (2015). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Di Luar Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Di Smk Alam Kendal Tahun 2015. Skripsi UNNES, 7.

Delfira, A., Ardi, A., Yogica, R., & Fuadiyah, S. (2021). Validitas Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas Xi Sma. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 33. https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.3248

Ertikanto, C. (2014). Kemampuan Sciencetific Inquiri Guru Sekolah Dasar Dalam Perkuliahan Pembelajaran Ipa-Sd. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(1), 64–70. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v15i1.pp64-70

Malla, A., Kaleka, Y. U., & Engge, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dan Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 2(1), 1–12.

Mujakir, M. (2017). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, 3(1), 82. https://doi.org/10.22373/lj.v3i1.1443

N.K.I. Sapitri, I.M. Ardana, & I.M. Gunamantha. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan 4C Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 24–32. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.537

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562

Panjaitan, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas Iia Sdn 78 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 252. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4105

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151

Sanjani, D., & Samiha, Y. T. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis education game. Proceedings.Radenfatah.Ac.Id, 4. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio/article/view/519

Sardinah, Tursinawati, & Noviyanti, A. (2012). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa dengan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13(2), 70–80. https://doi.org/10.32672/si.v13i2.474

Suhendar. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Tema 2 Subtema 3 Pada Muatan IPA Di Kelas V Sekolah Dasar. Fkip Universitas Jambi, 1(1), 1–22. https://repository.unja.ac.id/4426/

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Di Sd. Journal of Primary Educational, 1(2), 71–77.

Sutrisna, N., & Gusnidar. (2022). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri pada Materi IPA untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2859–2868.

Sutrisna, N., & Sasmita, P. R. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 5(2), 34–39. https://doi.org/10.31539/spej.v5i2.3849

Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model ADDIE. PKn Progresif, 11(1), 313–330.

Winangun, I. M. A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65–72.

Penulis

Titin Agustin
bharaarganta895@gmail.com (Kontak utama)
Dr.
Professor
Agustin, T., Supeno, & Prastiti, T. D. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INKUIRI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30651/else.v8i1.21197

Rincian Artikel