IMPLEMENTATION OF LITERACY STRATEGIES IN OVERCOMING STUDENTS READING DIFFICULTIES IN ELEMENTARY SCHOOL

Rosya Arumi Zuharo (1), Achmad Fathoni (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstrak

Keterampilan dasar yang perlu dikuasai peserta didik adalah keterampilan literasi.
Umumnya anak dalam usia sekolah dasar cenderung mendapat masalah ketika belajar seperti
membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana penerapan strategi
literasi baca tulis dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas III B di SDN Sondakan No 11
Surakarta. (2) Faktor apa saja yang berpengaruh dalam menerapkan strategi literasi baca tulis.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sebagai teknik pengumpulan data,
peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
diterapkan adalah analisis interaktif. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triagulasi teknik
dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penerapan strategi literasi baca tulis melibatkan
metode amati, baca dan tulis kembali, sudut baca, pengaturan tempat duduk siswa serta menempel
teks dan gambar di dinding kelas cukup efektif untuk diterapkan dalam mengatasi kesulitan membaca
siswa sekolah dasar. (2) Faktor penghambat pada penerapan strategi literasi baca tulis ini yaitu
pengkoordinasian siswa yang kurang maksimal yang disebabkan rendahnya konsentrasi siswa saat
belajar, sedangkan faktor pendukungnya yaitu ketersediaan dukungan dari lingkungan dan fasilitas
serta kerjasama yang positif dengan orang tua siswa.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Afhika Dwi Syaputri. (2023). Penggunaan Teknik Multisensori Untuk Mengatasi Disleksia Atau Gangguan Dalam Kesulitan Membaca Pada Siswa Afhika Dwi Syaputri, Fajar Utama Ritonga S.Sos., M.Kesos. 1(1), 168–171.

Dasor, Y. W., Mina, H. M., & Sennen, E. (2021). the Role of the Teacher in the Literacy Movement in Elementary. Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19–25.

Dewi, D. P. (2022). Optimalisasi Pemahaman Memaknai Kalimat Pada Soal Cerita Menuliskan Bilangan Pecahan Dalam Modul kelas III SD. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 445–452.

Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 70–76. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/403

Faizin, I. (2020). Strategi Guru Dalam Penanganan Kesulitan Belajar Disleksia. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1. https://doi.org/10.26877/empati.v7i1.5632

Grolig, L. (2020). Shared Storybook Reading and Oral Language Development: A Bioecological Perspective. Frontiers in Psychology, 11(August). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01818

Haifa, N., Respati, R., & Chairunnisaa, C. (2022). Word Cards Design as Learning Media for Dyslexia Students in Elementary School. Journal of Education for Sustainability and Diversity, 1(1), 109–117. https://doi.org/10.57142/jesd.v1i1.11

Irradhiatul Jannah dan Irdamurni. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Menggunakan Metode Fernald bagi Anak Disleksia. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 509.

Kundharu Saddhono dan St. Y. Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.

Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). Literasi Melalui Presentasi. Metaedukasi, 1(1), 1–12.

Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 877. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021

Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049

Moleong, Lexy. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muizz, A., Mirnawati, L. B., & Naila, I. (2022). ANALISIS KEGIATAN SABTU LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID-19. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 33-41.

Nabilla, I., & Marlina, M. (2022). Improving Literal Comprehension Reading Ability through Think-Tac-Toe Learning Strategy in Students with Dyslexia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 2210–2221. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.4082

Nuraeni. (2014). Stretegi Pembelajaran Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143–153. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/prismasains/article/view/1069/890

Pakaya, W. C., Sutadji, E., Dina, L. N. A. B., Rahma, F. I., Mashfufah, A., & Ayu, I. R. (2023). Metode Penelitian Pendidikan. Nawa Litera Publishing.

Rofiah, N. H. (2015). Proses Identifikasi: Mengenal Anak Kesulitan Belajar Tipe Disleksia Bagi Guru Sekolah Dasar Inklusi. Inklusi, 2(1), 109. https://doi.org/10.14421/ijds.020110

Safarina, E. S., & Susanti, H. (2018). Penanganan Anak Kesulitan Belajar Disleksia Melalui Permainan Bowling Keberanian. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(2), 35. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i2.p35-40

Tarjiah, I., Supena, A., Pujiastuti, S. I., & Mulyawati, Y. (2023). Increasing the reading ability of a student with dyslexia in elementary school: an explanatory case study by using family support, remedial teaching, and multisensory method. Frontiers in Education, 8(July), 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1022580

Taylor, G. R., & MacKenney, L. (2008). LEARNING IN THE Learning in Theories and Teaching Practices.

Penulis

Rosya Arumi Zuharo
arumirosya@gmail.com (Kontak utama)
Achmad Fathoni
Rosya Arumi Zuharo, & Fathoni, A. (2024). IMPLEMENTATION OF LITERACY STRATEGIES IN OVERCOMING STUDENTS READING DIFFICULTIES IN ELEMENTARY SCHOOL. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30651/else.v8i1.21123

Rincian Artikel