ANALISIS KEBUTUHAN GURU TERHADAP BAHAN AJAR DIGITAL IPA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E DI SEKOLAH DASAR

Parra Anjani (1), Herlina Usman (2)
(1) Universitas Negeri Jakarta, Indonesia,
(2) , Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital IPA berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan Research & Development dengan pendekatan ADDIE. Tahapan dalam ADDIE yaitu Analisis Kebutuhan, Desain bahan ajar, Pengembangan bahan ajar, Implementasi dan Evaluasi. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, dan angket untuk mengumpulkan data hasil dari analisis kebutuhan 20 siswa sekolah dasar dan 3 guru kelas. Hasil analisis menunjukkan bahwa 66,7% guru menyatakan bahwa diperlukan bahan ajar digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan hasil dari wawancara kepada peserta didik menunjukkan bahwa dibutuhkan bahan ajar yang mudah diakses, interaktif dan menarik. Siswa dan guru merespon dengan baik terhadap upaya pengembangan bahan ajar digital dalam pembelajaran IPA. Kesimpulan dari hasil analisis kebutuhan bahan ajar digital IPA berbasis learning cycle 5E sangat dibutuhkan sebagai bahan ajar tambahan.


keywords: Bahan Ajar Digital; IPA; learning cycle 5E; sekolah dasar

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adiari, N. K. S., & Putra, I. K. D. A. S. (2023). Analisis Kesesuaian Bahan Ajar Ipa Terhadap Proses Pembelajaran Di Kelas V Sd N 2 Cempaga Info Artikel Abstrak. Jurnal Elementary , 6(1), 19–24.

Atmaja, A. T., Murtadho, N., & Akbar, S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal dan Kecakapan Hidup. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(11), 1673. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15104

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566

Danuri Muhamad. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, 15(2), 116–123.

Hardiansyah, H., Rusmono, & Winarsih, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mobile Learning. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 327–331.

Kurniati, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Teks Eksplanasi Kelas Xi Smk Swasta Pab 2 Helvetia. Institusional Repository Universitas Islam Sumatera Utara, 1–23.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.

Munawar, B., Farid Hasyim, A., & Ma’arif, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada PAUD Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Golden Age, 4(02), 310–320. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2473

Putri, F., Islam, U., Sumatera, N., Kritis, B., & Pembelajaran, M. (n.d.). MEDIA FAUNA KRITIS MADRASAH IBTIDAIYAH ELSE ( Elementary School Education. 8(2), 253–260.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

RATNAWATI, E. (2022). Penerapan Learning Cycle–5E Berkonteks Ssi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(4), 431–437. https://doi.org/10.51878/science.v2i4.1765

Sains, U., Semarang, K., Uji, K., Algoritma, P., & Dan, C. (2022). Semnastekmu 2022. 45.

Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715

Sinaga, D. P., Anas, N., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA SIKLUS AIR TIGA KREATIF SISWA ELSE ( Elementary School Education. 8(2), 280–288.

Syukur, S. K., Fitria, Y.-, & F, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Tema 8 Menggunakan Model Project Based Learning Di Sekolah Dasar. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 120–127. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.120-127

Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1716

Penulis

Parra Anjani
parraanjani84@guru.sd.belajar.id (Kontak utama)
Herlina Usman
Anjani, P., & Usman, H. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN GURU TERHADAP BAHAN AJAR DIGITAL IPA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.21063

Rincian Artikel