KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN PRESPEKTIF TEORI GESTALT
Abstrak
Kemampuan Literasi matematika penting dimiliki dan dilatih sejak dini pada siswa ditingkat sekolah dasar. Literasi matematika berkaitan dengan kemampuan siswa untuk memaknai matematika diberbagai konteks dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tingkat kemampuan literasi siswa sekolah dasar di Indonesia berdasarkan teori gestalt. Metode penelitian ini menggunakan Literatur Review (LR). Pengumpulan data dilakukan dengan mereview semua artikel yang telah terindeks terkait kemampuan literasi siswa yang diterbitkan dalam kurun waktu 2016-2023. Penelitian ini mengkaji 35 artikel jurnal nasional terindeks yang diperoleh melalui database google schoolar melalui aplikasi harzing publish or perish. Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar beragam. Berdasarkan teori gestalt, keberagaman kemampuan literasi matematis siswa disebabkan karena perbedaan insight tiap individu yang berbeda. Untuk meningkatkan insight siswa dalam literasi matematika dapat menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa aktif, pembelajaran yang mengintegrasikan matematika dalam konteks kehidupan siswa sehari-hari, dan kegiatan pembiasaan mengerjakan soal-soal tipe literasi matematis.
Artikel teks lengkap
Referensi
Ahyansyah. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, 78–87.
Aiwan, A., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Teori Belajar Muncul Bersamaan Dengan Teori Belajar Kognitif. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 302–311. https://doi.org/10.37304/jikt.v14i2.238
Arbiyah, R. R. M. ; A. R. ; M. R. N. ; Y. (2023). Efektivitas Teori Belajar Gestalt Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), 608–615.
Ari Indriani, D. E. N. (2018). The Mathematical Literation Skill of Indonesian Elementary School Student. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar.
Aulya, R., Purwaningrum, J. P., Kudus, U. M., & Kudus, U. M. (2021). Penerapan Teori Gestalt Dalam Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Untuk SD / MI. Jurnal MathEdu, 4(1), 1–9.
Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723
Faizah, D. U. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Kemendikbud.
Fajar, B. Al. (2019). Analisis Penanaman Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 74–79.
Fauzi, A., & Karneli, Y. (2022). Penerapan Teori Gestalt Dalam Pemahaman Pembelajaran Siswa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 2(1), 34–37. https://yana.web.id/index.php/algebra
Hapsari, T. (2019). Literasi Matematis Siswa. Euclid, 6(1), 84. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1885
Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., & Archi, M. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Pisa Konten Shape and Space. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(3), 195–204. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.
Hormadia, I., & Putra, A. (2021). Systematic Literature Review : Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 3(April), 1–7.
Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i2.5088
Istiana, M. E., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. UNION : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 423–430.
Karmila. (2022). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gender. Issues in Mathematics Education (IMED), 6(1), 109. https://doi.org/10.35580/imed32235
Kusumawardani, D. R. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588–595.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman.
Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ Pada Masa Pandemi Covid 19. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 75–82.
Nora Chusnia Saputri, Rika Kurnia Sari, D. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 15–26. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.316
Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Theorems, 2(2), 70–79.
OECD. (2019a). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742
OECD. (2019b). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 5(2), 216–232.
Pautina, A. R. (2018). Aplikasi Teori Gestalt Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6, 14–28.
Pribadi, M. H. P., Lestari, N. D. S., Oktavianingtyas, E., Kurniati, D., & Monalisa, L. A. (2023). Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2530–2542. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2232
Purwanti, A. F., Mutrofin, M., & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(1), 40. https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i1.24775
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1), 10–19.
Rida Fironika Kusumadewi, Nuhyal Ulia, N. R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar : Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 8285, 11–16.
Rohmansyah, N. A. (2017). Implikasi teori gestalt dalam pendidikan jasmani sekolah dasar. 7, 195–206.
Santoso, R. M., Setyaningsih, N., & Surakarta, U. M. (2020). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Bentuk Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) UMS, 62–71.
Simarmata, Y., Wedyawati, N., & Hutagaol, A. S. R. (2020). Penyelesaian Soal Cerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 100–105. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/654
Sulistiawati. (2019). Pembelajaran Matematika Gasing Ditinjau Dari Berbagai Perspektif Teori Belajar. TEOREMA.
Sumarandak, M. E. N., Tungka, A. E., & Egam, P. P. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kawasan Monumen di Manado. 8(2).
Tarmiji, Basyah M. N, M. Y. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Kesiapan Guru dalam Proses Pembelajaran (Studi Pada SMPN 18 Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyah.
Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Mohamad Sabilli Firman Syah, Wahono Widodo, Elok Sudibyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.