Strategi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar

Eka Danik Prahastiwi (1), Nurul Zuriah (2), Joko Widodo (3)
(1) Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi bagi siswa slow learner di sekolah dasar, khususnya di MI Adab dan Tahfidz Baleharjo, Pacitan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari tuntutan Kurikulum Merdeka yang menekankan pentingnya pembelajaran yang inklusif dan responsif terhadap keberagaman karakteristik peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah dan guru kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman dasar mengenai karakteristik siswa slow learner, namun belum sepenuhnya menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi secara optimal. Modifikasi pembelajaran pada aspek waktu, isi, dan proses sudah mulai dilakukan, namun masih bersifat umum dan belum terstruktur. Diperlukan pelatihan dan pendampingan berkelanjutan agar guru mampu merancang layanan pembelajaran yang lebih adaptif, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan individual siswa slow learner.


Kata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi, siswa slow learner, sekolah dasar, Kurikulum Merdeka

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Afiah, A. U., Ismail, I., & Abbas, H. (2024). Peran Guru Penggerak Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik ( Studi Kasus dan Implikasinya Pada Peningkatan Guru di UPT SD Negeri 331 Tempe Kabupaten Wajo ). 4(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v4i3.813

Damanaik, F. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi Di Era Digital. Prosiding Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1(November), 1–18.

Danik Prahastiwi, E., Tias Aorta, D., & Wahyuningsih, D. (2021). Bergesernya Pola Interaksi Sosial Keagamaan Islam Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 5(2), 109. https://doi.org/https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/view/663

John D. Bransford, Ann L. Brown, and R. R. C. (2001). Early Childhood Development and Learning. Early Childhood Development and Learning. https://doi.org/10.17226/10067

Krismawati, Y. (2018). Teori Psikologi Perkembangan Erik H. Erikson dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini. Kurios, 2(1), 46. https://doi.org/10.30995/kur.v2i1.20

Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMPN 20 Tanggerang Selatan. In … dan Pembelajaran, Badan …. Diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., & ... (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100–106. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14549

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.

Nisa, C., & Fadillah, R. (2024). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif bagi Guru SD Negeri 03 Plumbon, Sukoharjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 178(1), 178–183. https://qjurnal.my.id/index.php/abdicurio

Pratiwi, A., Nana Hendra Cipta, & Siti Rokmanah. (2023). Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 981–997. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2043

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Social : Jurnal Inovasi Pendidikan Ips, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6641–6653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611

Souisa, J. H., Purwaningratri, M. A., Subagyo, Utami, S., & Al-Huda, B. (2022). Disiplin Positif untuk Merdeka Belajar Strategi Penerapan pada Jenjang SMA.

Sugiono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta).

Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan ( Kuantitatif, Kualitatif PTK, Mix Method, R&D). CV. Jasmine.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT.Remaja Rosda karya.

Penulis

Eka Danik Prahastiwi
prahastiwidanik@gmail.com (Kontak utama)
Nurul Zuriah
Joko Widodo
Prahastiwi, E. D., Zuriah, N., & Widodo, J. (2025). Strategi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2). https://doi.org/10.30651/else.v9i2.21007

Rincian Artikel