INTERNALISASI PENANAMAN ADAB DI MI MUHAMMADIYAH BALEHARJO PACITAN

Itsnaini Muslimati Alwi (1), Khozin (2), Moh. Nurhakim (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

Abstrak

Problematika generasi muda yang kerap menjadi perbincangan adalah penurunan nilai moral dan etika. Fenomena hilangnya adab (the loss of adab) yaitu kehilangan identitas (identitas ilmu-ilmu keislaman dan identitas ilmuan muslim) menjadi hal yang umum dijumpai [ada generasi muda muslim. Menjawab hal ini pendidikan diperlukan untuk membentuk adab peserta didik. Tujuan dari tulisan ini adalah membahas 1) Pendidikan Adab yang diinternalisasikan di MI Muhammadiyah Baleharjo, 2) Internalisasi Adab di MI Muhammadiyah Baleharjo, 3) Tantangan Internalisasi Adab di MI Muhammadiyah Baleharjo. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Adab yang diinternalisasikan di MI Muhammadiyah Baleharjo meliputi adab dalam kegiatan sehari-hari, 2) Internalisasi adab dilakukan melalui keteladanan, pembiasaan, berkisah, serta reward and punishment oleh kepala sekolah, guru, dan wali murid, 3) Tantangan internalisasi karakter rabbani yaitu kesiapan guru untuk belajar serta kesabaran dalam mendidik dan memberikan uswah yang baik.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Aisyah, N., Rahman, T., & Lidinillah, A. M. (2021). Kurikulum Kuttab Untuk Usia 5 Sampai 6 Tahun Di Kuttab Al-Fatih Cileunyi Bandung. Desember, 5(2), 141–151.

Amini, H. N., & Erawati, D. (2018). The Implementation of Parenting at Elementary School.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Elvan Tedio, F., Mubarok, A. A. M. H., & Maulana, M. A. (2022). Analisis Perkembangan Ekonomi di Era Revolusi Indrustri 4.0 Dan 5.0 dalam Merekonstruksi Kepribadian Islam Untuk Mengurangi Krisis Moral (Lost Of Adab). The Academy Of Management and Business, 1(3), 119–126. https://edumediasolution.com/tamb

Habibi, A. (2023, January 30). Krisis Moral Remaja Indonesia Bukti Perlunya Pendidikan Karakter dan Moral. Https://Www.Indonesiana.Id/Read/161188/Krisis-Moral-Remaja-Indonesia-Bukti-Perlunya-Pendidikan-Karakter-Dan-Moral.

Hasib, K. (2010). Pendidikan Konsep Ta’dib Sebagai Solusi Pendidikan Islam Di Era Global. At-Ta’dib, 5(1). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/583

Ilham. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Journal, 2(3), 154–161. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.70

Khairi, A. (2020). Pendidikan Adab dan Karakter Menurut Hadits Nabi Muhammad SAW. Guepedia.

Mustarsida, U., Maarif, M. A., & Rusydi, I. (2023). Manajemen Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Parenting. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 855–866. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.689

Nasucha, J. A., & Rina. (2021). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 03(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52166/tabyin.v3i02.144

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806

Pratiwi, H. (2020). Westernisasi Ilmu Dalam Islamic Worldview. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.19105/tjpi

Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.41

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (21st ed.). Alfabeta.

Suriana. (2023). Internalization Strategy Of Rabbani Character Values For Student Primary School. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i2.19536

Syah, A. (2008). Term Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Pendidikan Islam: Tinjauan dari Aspek Semantik. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 7(1). https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/3786/2328

Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101–110. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.34

Tumiran, M. A., Rahman, N. N. A., Saat, R. M., Kabir, N., Zulkifli, M. Y., & Adli, D. S. H. (2018). The Concept of Qailulah (Midday Napping) from Neuroscientific and Islamic Perspectives. Journal of Religion and Health, 57(4), 1363–1375. https://doi.org/10.1007/s10943-015-0093-7

Wahyuniati, W., Dewi, F. A., & Difany, S. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Rabbani Peserta Didik. In Y. Hanafiah & Y. Masduki (Eds.), Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik. UAD Press.

Wally, M. (2021). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 10(1).

Wardi, Moh., Ismail, I., & Makki, A. (2019). Perbandingan Pendidikan; Pemahaman Simbolis Dan Substantif PAI Di Madrasah Dan PAI Di Sekolah Umum. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 23–33. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.104

Penulis

Itsnaini Muslimati Alwi
itsnaini.alwi@gmail.com (Kontak utama)
Khozin
Moh. Nurhakim
Alwi, I. M., Khozin, & Nurhakim, M. (2024). INTERNALISASI PENANAMAN ADAB DI MI MUHAMMADIYAH BALEHARJO PACITAN. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.21005

Rincian Artikel