INTERNALISASI PENANAMAN ADAB DI MI MUHAMMADIYAH BALEHARJO PACITAN
Abstrak
Problematika generasi muda yang kerap menjadi perbincangan adalah penurunan nilai moral dan etika. Fenomena hilangnya adab (the loss of adab) yaitu kehilangan identitas (identitas ilmu-ilmu keislaman dan identitas ilmuan muslim) menjadi hal yang umum dijumpai [ada generasi muda muslim. Menjawab hal ini pendidikan diperlukan untuk membentuk adab peserta didik. Tujuan dari tulisan ini adalah membahas 1) Pendidikan Adab yang diinternalisasikan di MI Muhammadiyah Baleharjo, 2) Internalisasi Adab di MI Muhammadiyah Baleharjo, 3) Tantangan Internalisasi Adab di MI Muhammadiyah Baleharjo. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Adab yang diinternalisasikan di MI Muhammadiyah Baleharjo meliputi adab dalam kegiatan sehari-hari, 2) Internalisasi adab dilakukan melalui keteladanan, pembiasaan, berkisah, serta reward and punishment oleh kepala sekolah, guru, dan wali murid, 3) Tantangan internalisasi karakter rabbani yaitu kesiapan guru untuk belajar serta kesabaran dalam mendidik dan memberikan uswah yang baik.
Artikel teks lengkap
Referensi
Aisyah, N., Rahman, T., & Lidinillah, A. M. (2021). Kurikulum Kuttab Untuk Usia 5 Sampai 6 Tahun Di Kuttab Al-Fatih Cileunyi Bandung. Desember, 5(2), 141–151.
Amini, H. N., & Erawati, D. (2018). The Implementation of Parenting at Elementary School.
Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Elvan Tedio, F., Mubarok, A. A. M. H., & Maulana, M. A. (2022). Analisis Perkembangan Ekonomi di Era Revolusi Indrustri 4.0 Dan 5.0 dalam Merekonstruksi Kepribadian Islam Untuk Mengurangi Krisis Moral (Lost Of Adab). The Academy Of Management and Business, 1(3), 119–126. https://edumediasolution.com/tamb
Habibi, A. (2023, January 30). Krisis Moral Remaja Indonesia Bukti Perlunya Pendidikan Karakter dan Moral. Https://Www.Indonesiana.Id/Read/161188/Krisis-Moral-Remaja-Indonesia-Bukti-Perlunya-Pendidikan-Karakter-Dan-Moral.
Hasib, K. (2010). Pendidikan Konsep Ta’dib Sebagai Solusi Pendidikan Islam Di Era Global. At-Ta’dib, 5(1). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/583
Ilham. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Journal, 2(3), 154–161. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.70
Khairi, A. (2020). Pendidikan Adab dan Karakter Menurut Hadits Nabi Muhammad SAW. Guepedia.
Mustarsida, U., Maarif, M. A., & Rusydi, I. (2023). Manajemen Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Parenting. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 855–866. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.689
Nasucha, J. A., & Rina. (2021). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 03(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52166/tabyin.v3i02.144
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806
Pratiwi, H. (2020). Westernisasi Ilmu Dalam Islamic Worldview. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.19105/tjpi
Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.41
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (21st ed.). Alfabeta.
Suriana. (2023). Internalization Strategy Of Rabbani Character Values For Student Primary School. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i2.19536
Syah, A. (2008). Term Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Pendidikan Islam: Tinjauan dari Aspek Semantik. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 7(1). https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/3786/2328
Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101–110. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.34
Tumiran, M. A., Rahman, N. N. A., Saat, R. M., Kabir, N., Zulkifli, M. Y., & Adli, D. S. H. (2018). The Concept of Qailulah (Midday Napping) from Neuroscientific and Islamic Perspectives. Journal of Religion and Health, 57(4), 1363–1375. https://doi.org/10.1007/s10943-015-0093-7
Wahyuniati, W., Dewi, F. A., & Difany, S. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Rabbani Peserta Didik. In Y. Hanafiah & Y. Masduki (Eds.), Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik. UAD Press.
Wally, M. (2021). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 10(1).
Wardi, Moh., Ismail, I., & Makki, A. (2019). Perbandingan Pendidikan; Pemahaman Simbolis Dan Substantif PAI Di Madrasah Dan PAI Di Sekolah Umum. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 23–33. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.104
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Itsnaini Muslimati Alwi, Khozin, Moh. Nurhakim

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.