PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan e-modul berbasis problem based learning terintegrasi wordwall untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Rendahnya nilai siswa pada materi ajar mendengar karena bunyi karena bahan ajar yang terbatas buku teks dan belum memanfaatkan perkembangan teknologi. Bahan ajar hanya berupa tulisan dan gambar yang sulit dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan Reasearch and Development dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian melibatkan siswa kelas V di SDN 02 Pekiringanalit. Pengumpulan data menggunakan angket dan nilai pretest dan post test. Data penelitian dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil validator ahli media dikategorikan valid. Hasil validator ahli materi dikategorikan sangat valid. Serta hasil respon 20 siswa kelas V SD dikategorikan sangat valid. Hasil keseluruhan dari uji validator dikategorikan sangat valid sehingga e-modul berbasis problem based learning terintegrasi wordwall dapat digunakan dengan pembelajaran mendengar karena bunyi pada pelajaran IPAS kelas V SD.
Artikel teks lengkap
Referensi
Ali, S. S. (2019). Problem Based Learning: A Student-Centered Approach. English Language Teaching, 12(5), 73. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p73
Audina, D., Khaerunnisa, M., Adilah, Y. N., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif ASYBEDU (Asyiknya Belajar Wudhu) untuk Memudahkan Siswa SD dalam Praktik Wudhu.
Badan Penelitian, P., Pendidikan, D., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar Dari PISA 2018. https://repositori.kemdikbud.go.id/16742/1/Laporan%20Nasional%20PISA%202018%20Indonesia.pdf
Fitri, A., Saleh, M., & Rahman, A. (2024). ELSE (Elementary School Education Journal) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR. 8(1). https://doi.org/10.30
Hanifah, N. H., Walid, M., Putri, C. A., Sinta, L. N., & Ningrum, D. E. A. F. (2022). Development of Android-based “Pete” Educational Game to Improve Elementary School Student Learning Outcomes in Social Science Learning. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 430. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.11467
Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.968
Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2022). The Influence of Wordwall on Students Interests and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51691
Inggil Rejeki, H., Sutarto, J., Naini Mindyarto, B., Negeri, S., Boyolali, S., Bendo, D., Nogosari, K., & Boyolali, K. (2022). The Effectiveness of Online Problem-Based Learning in Improving Critical Thinking Skills and Digital Literacy of Elementary School Students. Journal of Primary Education, 11(2), 152–164. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Jannah, M., Supratman, J. W., Limun, K., & Muara Bangka Hulu, K. (2017). EFL students’ perspectives on the use of Wordwall.net as vocabulary learning media Article Info. Journal of English Language Teaching, 6(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt
Jayanti, M. A., & Pertiwi, K. R. (2023). Pengembangan e-modul berbasis pbl untuk meningkatkan kemampuan analisis dan rasa ingin tahu siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.23178
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103
Mahmudah, S., Kirana, T., & Rahayu, Y. S. (2022). Profile of Students’ Critical Thinking Ability: Implementation of E-Modul Based On Problem-Based Learning. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 3(4), 478–488. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i4.231
Mufidah, I., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Development of Learning Media for Video Audio-Visual Stop Motion Based on Contextual Teaching and Learning in Science Learning Water Cycle Material. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 3. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.27357
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika selama pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33-43.
Ngurah Komang Wiratama, G., & Gede Margunayasa, I. (2021). E-Modul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 Tema 5. 9(2), 258–267. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD
Nurulita, M. F., Putut, F., & 1, M. H. B. (2022). The Problem-Based E-Module as Learning Suplement to Improve Students’ Learning Outcomes. Journal of Biology Education, 11(2), 272–281. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Okra, R. (2023). The development of educational game-based learning media in natural science subject for elementary school students. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(2), 122–132. https://doi.org/10.21831/jitp.v10i2.54890
Rachmat Rizaldi, Syahwin, S., & Ramadani, R. (2022). Efektifitas E-Modul Praktikum Fisika Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Smart Apps Creator terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA/MA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 720–725. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.647
Safitri, M., Ridwan Aziz, M., Sjakyakirti, U., Sultah, J., Mansyur, M., Gede Bukit, K., & Palembang, L. (2022). ADDIE, SEBUAH MODEL UNTUK PENGEMBANGAN MULTIMEDIA LEARNING. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 3, Issue 2). http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd
Salsabillah, D., 1, D., & Perdana, P. I. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik (EMOTIK) Berbasis Flipbook pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5932
Saragi, C. N., Priskila Ndraha, L., Marbun, F., Nainggolan, D., Manik, E. C., & Samosir, O. (2023). Peningkatan Teknologi Dalam Pembelajaran Guru Terhadap Perkembangan Merdeka Belajar Di Tingkat Sekolah Dasar Technology Improvement In Teacher Learning On The Development Of Independent Learning At The Elementary School. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4). https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i4.1578
Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715
Stevi, S., & Haryanto, H. (2020). Need Analysis of Audio-Visual Media Development to Teach Science Materials for Young Learners. Journal of Educational Technology and Online Learning, 3(2), 152–167. https://doi.org/10.31681/jetol.672104
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE SEBAGAI MODEL PENGEMBANGAN MEDIA INSTRUKSIONAL EDUKATIF (MIE) MATA KULIAH KURIKULUM DAN PENGAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851
Waruwu, R., Anas, N., & Rohani, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1054. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.6295
Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974
Winangsih, E., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 452–461. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433
Yolantia, C., Artika, W., Nurmaliah, C., & Rahmatan, H. (2021). Penerapan Modul Problem Based Learning terhadap Self Effi-cacy dan Hasil Belajar Peserta Didik. JPSI, 9(4), 631–641. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.2150
Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). ANALISIS TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Vol. 22, Issue 2).
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Nisa Us Sa'idah, Eko Handoyo, Supriyadi, Dirwanto, Bara Akanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.