TRANSFORMASI PENDIDIKAN IPS DAN TANTANGAN MODERNITAS ABAD 21 DI ERA DISRUPSI DIGITAL TERHADAP GENERASI MILENIAL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki transformasi pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam menghadapi disrupsi digital pada era abad ke-21 dan implikasinya terhadap generasi milenial. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif untuk memahami transformasi pendidikan IPS di MI Yatabu Surabaya pada era disrupsi digital. Fokusnya adalah menggambarkan tantangan modernitas dan dampak disrupsi digital terhadap generasi milenial. Melibatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen, penelitian ini menguraikan upaya madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan IPS dengan memanfaatkan teknologi. Hasil penelitian memberikan gambaran mendalam tentang strategi pembelajaran yang digunakan, penguatan literasi digital, dan peran SDM pendidik. Dalam konteks ini, madrasah perlu memperhatikan model pembelajaran inovatif, literasi digital, dan peningkatan kualitas SDM sebagai respons terhadap era disrupsi digital. Implikasi penelitian ini menggarisbawahi pentingnya adaptasi pendidikan IPS dalam menghadapi perubahan zaman.
Artikel teks lengkap
Referensi
A. Michael Huberman dan B. Miles mathew. (1992). Qualitatif Data Analisis: Edisi Bahasa Indonesia. UI Press.
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Arif, K. M. (2021). Strategi Membangun Sdm Yang Kompetitif, Berkarakter Dan Unggul Menghadapi Era Disrupsi. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i1.1300
Arjawa, B. S. (2011). MODERNISASI DAN RASIONALITAS DALAM PELAKSANAAN UPACARA AGAMA DI BALI. Widiya Sosiolopolitika, 2(1).
Arta, I. G. A. J. (2021). Digitalisasi Pendidikan: Dilematisasi dan Dehumanisasi Dalam Pembelajaran Daring Perspektif Filsafat Paulo Friere. Prosiding, 3, 96–107. https://prosiding.iahntp.ac.id
Bezanilla, M. J., Fernández-Nogueira, D., Poblete, M., & Galindo-Domínguez, H. (2019). Methodologies for teaching-learning critical thinking in higher education: The teacher’s view. Thinking Skills and Creativity, 33(July). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100584
Budi Ismanto, Yusuf, Y., & Asep Suherman. (2022). Membangun Kesadaran Moral Dan Etika Dalam Berinteraksi Di Era Digital Pada Remaja Karang Taruna Rw 07 Rempoa, Ciputat Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.56127/jammu.v1i1.253
Dewi Ixfina, F., Syamsudin, S., & Lailatul Fitriani, S. (2022). Pendidikan Multikultural di Lembaga Pendidikan Islam. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 7(2), 218–232. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v7i2.1606
Fauziah, N. N., Lestari, R., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Perkembangan Pendidikan IPS di Indonesia pada Tingkat Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 89. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4359
Hanifah, A. (2021). Orasi Ilmiah, Prof. Arifin Maksum Sampaikan Transformasi Pembelajaran IPS SD. Edura News. https://edura.unj.ac.id/edura-news/?p=2365
Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Ixfina, F. D., Nurdianah, L., & Diana, R. F. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Budaya Literasi di. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(04), 401–410.
Juliyati, E. D. (2021). Peran Teknologi Informasi Pada Pembelajaran IPS. 2013, 1–6.
Kusuma, P. S. B., & Ixfina, F. D. (2023). Learning Society Berbasis Literasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Menuju Era 5.0 (Studi Kasus di MI Riyadlotul Uqul Kediri). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2).
Marwandi, I. (2017). Kurikulum Pendidikan Islam: Pengembangan Karakter Soft Skills Dalam Menyiapkan Generasi Ulul Albab. 1st Annual International Conference on Islamic Education (1st AICIE), February. https://www.researchgate.net/profile/Imam-Mawardi/publication/331234120_KURIKULUM_PENDIDIKAN_ISLAM_PENGEMBANGAN_KARAKTER_SOFT_SKILLS_DALAM_MENYIAPKAN_GENERASI_ULUL_ALBAB/links/5c6da77da6fdcc404ec18247/KURIKULUM-PENDIDIKAN-ISLAM-PENGEMBANGAN-KARAKTER-SOFT-
Maulana, M., Islam, U., Antasari, N., Karakter, P., & Karakter, P. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER. ELSE ( Elementary School Education, 7(2), 198–210.
Mezirow, J. (1998). On critical reflection. Adult Wducation Quarterly.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.
Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 51. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64
Pramudiya, N. M. K. & G. A. (2016). Transformasi Kurikulum Pendidikan Ips Dalam Kesiapan Menyambut Era Society 5.0. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 3(2), 122–143.
Rahayu, S. (2022). Tantangan Pembelajaran IPS Terhadap Isu Global. Jurnal Education Social Science, 2(46), 51–61.
Saihu. (2015). MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya, 3(1).
Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 5.0. RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/research.v3i1.4728
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Rienka Cipta.
Tugiah, T., & Jamilus, J. (2022). Pengembangan Pendidik sebagai Sumber Daya Manusia Untuk Mempersiakan Generasi Milenial Menghadapi Era Digital. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6), 498–505. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i6.350
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Ficky Dewi Ixfina, Siti Lailatul Fitriani, Siti Nur Rohma

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.