PENGARUH PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI DAN KARAKTER INTEGRITAS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan etnopedagogi dan karakter integritas terhadap kemampuan literasi budaya siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh pendekatan etnopedagogi terhadap kemampuan literasi budaya siswa. (2) pengaruh karakter integritas terhadap literasi budaya siwa (3) interaksi antara pendekatan etnopedagodi dan karakter integritas terhadap kemampuan literasi budaya siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 107416 Sugiharjo dan SDN 101865 Bintang Meriah dengan jumlah siwa keseluruhan 90 orang siswa. Penelitian ini berjenis Quasi Experimental Design. Analisis data menggunakan berbantuan SPSS 22.0 dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu angket karakter integritas dan test kemampuan literasi budaya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh pendekatan etnopedagogi terhadap kemampuan literasi budya siswa dengan  (=2.068) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak; (2) Terdapat pengaruh kemampuan integritas terhadap kemampuan literasi budaya siswa dengan  (=68.500) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak; (3) Terdapat interaksi antara pendekatan etnopedagogi dan karakter integritas terhadap kemampuan literasi budya siswa dengan  (=27.875).
Artikel teks lengkap
Penulis
Hak Cipta (c) 2023 Claudia Marpaung, Syarifah, Hidayat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.