PENGARUH PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI DAN KARAKTER INTEGRITAS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA SISWA SEKOLAH DASAR

Claudia Marpaung (1), Syarifah (2), Hidayat (3)
(1) Universitas Negeri Medan, Indonesia,
(2) Universitas Negeri Medan, Indonesia,
(3) Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan etnopedagogi dan karakter integritas terhadap kemampuan literasi budaya siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh pendekatan etnopedagogi terhadap kemampuan literasi budaya siswa. (2) pengaruh karakter integritas terhadap literasi budaya siwa (3) interaksi antara pendekatan etnopedagodi dan karakter integritas terhadap kemampuan literasi budaya siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 107416 Sugiharjo dan SDN 101865 Bintang Meriah dengan jumlah siwa keseluruhan 90 orang siswa.  Penelitian ini berjenis Quasi Experimental Design. Analisis data menggunakan berbantuan SPSS 22.0 dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu angket karakter integritas dan test kemampuan literasi budaya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh pendekatan etnopedagogi terhadap kemampuan literasi budya siswa dengan  (=2.068) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak; (2) Terdapat pengaruh kemampuan integritas terhadap kemampuan literasi budaya siswa dengan  (=68.500) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak; (3) Terdapat interaksi antara pendekatan etnopedagogi dan karakter integritas terhadap kemampuan literasi budya siswa dengan  (=27.875).

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Penulis

Claudia Marpaung
claudia.marpaung99@gmail.com (Kontak utama)
Syarifah
Hidayat
Claudia Marpaung, Syarifah, & Hidayat. (2023). PENGARUH PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI DAN KARAKTER INTEGRITAS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA SISWA SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2). https://doi.org/10.30651/else.v7i2.20823

Rincian Artikel