ANALISIS PENGGUNAAN LKPD BERBASIS SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis penggunaan bahan ajar berupa LKPD berbasis lingkungan dalam pembelajaran IPA di SD dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar serta berkolaborasi, berpikir kritis, dan kreatif. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif yang diperoleh dari respon atau tanggapan guru dan siswa sebagai pengguna bahan ajar, serta studi observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi yang meliputi bahan ajar yang digunakan dan foto kegiatan pembelajaran. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa bahan ajar LKPD didesain dengan teliti memanfaatkan aplikasi Canva untuk menciptakan tampilan visual atraktif dan relevan dengan isu-isu lingkungan, serta memperhatikan keterlibatan siswa dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Integrasi prinsip keberlanjutan, keterbacaan yang baik, dan keterjangkauan yang optimal menjadi fokus dalam penyusunan LKPD. Respons dari guru menunjukkan kepuasan tinggi terhadap keefektifan LKPD dalam memfasilitasi pembelajaran, sedangkan respon siswa menyoroti antusiasme mereka dan pemahaman yang baik terhadap materi lingkungan. Analisis pemahaman siswa menunjukkan peningkatan pemahaman konsep lingkungan dan hasil belajar yang baik dalam berbagai aktivitas dengan seluruh siswa mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Hasil ini mencerminkan kesuksesan LKPD dalam memfasilitasi pemahaman, minat, dan respons positif siswa terhadap isu-isu lingkungan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Agustin, T., Prastiti, T. D., Jember, U., & Terbuka, U. (2024). DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD ELSE ( Elementary School Education. 8(1), 10–18.
Al Bahij, A., Rizki, A. V., & Santi, A. U. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Problem Based Learning Untuk Mahasiswa PGSD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 213. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.11799
Aprilia, F., Naila, I., & Putra, D. A. (2024). ANALISIS SIKAP PEDULI PADA LINGKUNGAN MELALUI GERAKAN JUMASIH PADA PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4764-4780.
Asy’ari, A., Daesusi, R., & Suharti, P. (2022). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan: Upaya Pembentukan Karakter Literasi Lingkungan Sd Sekolah Adiwiyata. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 419. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13019
Bahasa, A. J., Numertayasa, I. W., Wayan, N., & Wikantari, O. (2023). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia Ditinjau dari Kurikulum Merdeka. 6(2019), 227–239.
Dewi, A. L. S., & Rahmawati, E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SDN Jatijejer Trawas-Mojokerto TA 2017-2018. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 42–54. https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1818
Diana, A., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam untuk Kelas IV SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 141–150. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.419
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Kumala Sari, I., Nasution, L., & Wijaya, C. (2019). Integrasi Pendidikan Nilai Dalam Membangun Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Jampalan Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/ristekdik.v4i1.1-11
Lestari, Y. (2018). Penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 332–337.
Publik, J. A., Widya, U., Mahakam, G., Masyarakat, J. K., Masyarakat, F. K., Widya, U., Mahakam, G., & Samarinda, K. (2023). Meningkatkan karakter peduli lingkungan pada usia dini melalui sosialisasi sampah dan pengelolaan sampah 3r (reduce, recycle dan reuse) di sdn 022 palaran kalimantan timur. April, 18–24.
Rambe, T. R. (2021). Sosialisasi Dan Aktualisasi Eco-Enzyme Sebagai Alternatif Pengolahan Sampah Organik Berbasis Masyarakat Di Lingkungan Perumahan Cluster Pondok II. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 36–41.
Sd, D. I., Al, I., & Makassar, A. (2023). 3 1,2,3. 08(September).
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 319–327. https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1795
Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In Perdana Publishing.
Umami, F. N., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. 2(3), 200–207.
Variani, N. L. D., & Gede Agung, A. A. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 290. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26631
Zega, Y. K. (2022). Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Jurnal Apokalupsis, 13(1), 70–92. https://doi.org/10.52849/apokalupsis.v13i1.41
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Debby Rahmawati, M. Fadlillah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.