IMPLEMENTASI MEDIA VARIATIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30651/else.v7i2.20245Abstract
Media digunakan dalam proses pembelajaran supaya mampu meningkatkan motivasi siswa, sehingga diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian pada artikel ini yaitu: 1) Mendeksipsikan perencanaan implementasi media dalam pembelajaran, 2) Mendeskripsikan implementasi media variatif dalam pembelajaran tematik kelas III, 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi media variatif dalam pembelajaran tematik, dan 4) Mendeskripsikan solusi dalam mengatasi faktor penghambat dalam mengimplementasi media variatif dalam pembelajaran tematik siswa kelas III. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tempat penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Sentono. Penelitian ini dilakukan pada bulan September hingga Desember, 2022. Subyek yang diteliti yaitu kepala sekolah, guru kelas III, dan peserta didik kelas III SD Negeri 1 Sentono. Keabsahan data dalam artikel ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Langkah-langkah yang dilakukan dalam menganalisis data terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Kata Kunci: Media variatif; pembelajaran tematik; kelas III.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ega Syafira Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.