Analisis Validitas Bahan Ajar Elektronik Materi Elemen Pancasila Menggunakan Pendekatan VCT Model Matriks di SD

Authors

  • Mila Maryani Universitas Negeri Padang
  • Reinita Reinita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i2.19875

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas bahan ajar elektronik materi Elemen Pancasila menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) model matriks di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (RnD) dengan teknik pengumpulan data berupa angket validasi ahli dan angket kebutuhan peserta didik. Angket validasi ahli digunakan untuk menghimpun data dari validator ahli mengenai aspek materi, media dan bahasa untuk menguji kevalidan bahan ajar elektronik. Angket kebutuhan peserta didik digunakan untuk menghimpun data mengenai materi yang akan dikembangkan. Kesimpulan hasil penelitian yaitu diperoleh bahan ajar elektronik yang memiliki tingkat validitas materi 93, 75% dengan kategori sangat valid, validitas media 95,83% dengan kategori sangat valid, validitas bahasa 87,5% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar elektronik pada materi elemen pancasila menggunakan pendekatan VCT model matriks di kelas IV Sekolah Dasar telah dinyatakan valid.

References

ABDILLAH, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan SDN Dabasah 4 Bondowoso. https://repository.unja.ac.id/41096/

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. https://repository.ump.ac.id/3623/7/TANTI%20REYULITA%20IKANINGRUM%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

ALI ARMADI, S. P. (2021). Buku Ajar Pembelajaran PPKn SD. https://repository.stkippgrisumenep.ac.id/988/25/cek%20plagiasi.pdf

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud https://www.academia.edu/download/60608686/PUEBI20190915-21858-2zxyi6.pdf

Murtafi'ah, D. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas I Di Madrasah Ibidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember). http://digilib.uinkhas.ac.id/26382/

Pratiwi, D. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS VLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 GADINGREJO TA 2021/2022. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57940

Naila, I., & Sadida, Q. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Scaffolding untuk Siswa Sekolah Dasar. PROCEEDING UMSURABAYA. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4829

Naila, I., Ridlwan, M., & Nurdianah, L. (2022). Using ECL Media to Improve Information Literacy of Islamic Elementary School Students. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 2, pp. 289-302). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi.edu/index.php/mimbar/index

RACHMA, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 02 KARANG TENGAH. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70843

Redho, P. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 90 SELUMA (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU). http://repository.iainbengkulu.ac.id/4859/

Rodiyana, R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1140

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53-68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019

Utami, I. W. P. (2012). Wacana Ideologi negara dalam buku sekolah elektronik (bse) sejarah sekolah menengah atas (sma) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/25908

WARDANA, P. A. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Internet Memanfaatkan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah (Doctoral dissertation, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN). https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/94261

Yuslina, Y., Purnomo, E., & Rufaidah, E. (2017). Peningkatan Moralitas Siswa melalui Model Value Clarification Tehnique (Vct) pada Pembelajaran Ppkn. Jurnal Studi Sosial, 5(2), 132519. https://www.neliti.com/publications/132519/peningkatan-moralitas-siswa-melalui-model-value-clarification-tehnique-vct-pada#id-section-content

Published

2023-08-17

Issue

Section

Artikel