PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA WAYANG SUKURAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Salma Isni Anjali (1), Luthfi Hamdani Maula (2), Irna Khaleda Nurmeta (3), Dyah Lyesmaya (4)
(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi,
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi,
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi,
(4) Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstrak

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu minimnya penggunaan media belajar untuk menunjang pembelajaran khusus mata pelajaran IPS dengan stigma mata pelajaran IPS cukuo hanya dengan menghapal saja sehingga yang terjadi hanya mendapatkan pembelajaran yang monoton. Penelitian ini merupakan PTK dengan 4 kali pertemuan, dimana tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui aktivitas pendidik, kemampuan berpikir kritis peserta didik dan hasil belajar melalui media ular tangga wayang sukuraga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum tindakkan dilakukan, hanya 60% siswa menuntaskan nilai hasil belajarnya dengan rata-rata nilai 60. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa menjadi 69% dengan rata-rata nilai 69 dan pada siklus II terjadi kembali peningkatan persentase hasil belajar siswa menjadi 79% dengan rata-rata nilai 80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media ular tangga wayang sukuraga mampu membantu siswa mencapai hasil belajar mata pelajaran IPS yang optimal dan ilustrasi wayang sukuraga yang menarik

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, S. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31608

Anggraini, D., Relmasira, S., & Tyas Asri Hardini, A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 SD. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1). https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.379

Arikunto, S., & Supardi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 589–590. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Aulia, E. R., Maulidiyah, E. C., Fitric, R., & Mas’udah, M. (2022). MEDIA ULAR TANGGA QR CODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i1.599

Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). PIMIKIRAN ABRAHAM MASLOW TENTANG MOTIVASI DALAM BELAJAR. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1). https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.767

Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369–387. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Kartika, I., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/192

Monica, S., & Hadiwinarto, H. (2020). Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMKN 1 Lubuklinggau. Jaedcaaation, 3(2), 12–23. https://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation/article/view/3054

Novita, L., Sundari, F. S., & Rabani, K. R. (2020). Penerapan Media Game Ular Tangga Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.12329

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1338

Nurunnazlah, F., Masfuah, S., & Kuryanto, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sd N Demaan Dengan Menggunakan Permainan Mokshapat. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1430–1443. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2638

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168

Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 821–831. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1775

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2). https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7. https://osf.io/v7g2k/download

Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 114–123. https://pdfs.semanticscholar.org/f001/d845f33eb321262e8fb4f114a758dc471de5.pdf

Setiawan, D., & Darmawan, P. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Di Sdn Tlogomas 2 Pada Konsep Perbandingan Ciri-Ciri Bangun Datar. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(9). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um067v3i92023p1

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1). https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728

Penulis

Salma Isni Anjali
salmaisnianjali@ummi.ac.id (Kontak utama)
Luthfi Hamdani Maula
Irna Khaleda Nurmeta
Dyah Lyesmaya
Anjali, S. I., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., & Lyesmaya, D. (2024). PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA WAYANG SUKURAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.19236

Rincian Artikel