PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA WAYANG SUKURAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, S. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi fluida dinamis di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31608
Anggraini, D., Relmasira, S., & Tyas Asri Hardini, A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 SD. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1). https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.379
Arikunto, S., & Supardi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 589–590. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Aulia, E. R., Maulidiyah, E. C., Fitric, R., & Mas’udah, M. (2022). MEDIA ULAR TANGGA QR CODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i1.599
Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). PIMIKIRAN ABRAHAM MASLOW TENTANG MOTIVASI DALAM BELAJAR. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1). https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.767
Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369–387. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Kartika, I., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/192
Monica, S., & Hadiwinarto, H. (2020). Pengaruh Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMKN 1 Lubuklinggau. Jaedcaaation, 3(2), 12–23. https://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation/article/view/3054
Novita, L., Sundari, F. S., & Rabani, K. R. (2020). Penerapan Media Game Ular Tangga Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.12329
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1338
Nurunnazlah, F., Masfuah, S., & Kuryanto, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sd N Demaan Dengan Menggunakan Permainan Mokshapat. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1430–1443. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2638
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 821–831. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1775
Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2). https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7. https://osf.io/v7g2k/download
Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 114–123. https://pdfs.semanticscholar.org/f001/d845f33eb321262e8fb4f114a758dc471de5.pdf
Setiawan, D., & Darmawan, P. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Di Sdn Tlogomas 2 Pada Konsep Perbandingan Ciri-Ciri Bangun Datar. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(9). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um067v3i92023p1
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1). https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Salma Isni Anjali, Luthfi Hamdani Maula, Irna Khaleda Nurmeta, Dyah Lyesmaya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.