Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Implementasi Pembelajaran Manajemen Pendidikan Karakter

Authors

  • Muhammad Maulana Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Marfu'ah Marfu'ah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i2.19176

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penguatan profil pelajar pancasila dalam manajemen pendidikan karakter dan penerapannya pada pembelajaran di kelas IV SDN-SN Pengambangan 5 Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PABP, dan dua guru kelas IV SDN-SN Pengambangan 5 Kota Banjarmasin, sedangkan hasil penelitian dan dokumentasi yang relevan dijadikan sebagai sumber data sekunder. Metode wawancara dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi adalah semua metode analisis data. Temuan penelitian ini: 1) Implementasi dalam pembelajaran di kelas IV di SDN-SN Pengambangan 5 Kota Banjarmasin menghasilkan nilai-nilai religius, disiplin, tanggung jawab, jujur, cinta lingkungan, dan sopan santun. 2) Manajemen pendidikan karakter dilakukan dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi

Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila; Manajemen; Pendidikan Karakter; Manajemen Pendidikan Karakter

References

Abdul Rosyid. (2021). Reformasi Pendidikan Khalifah: Studi Pemikiran Pendidikan Islam Hasan Langgulung. TARBAWI: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(2).

Agnes Setyowati. (2019). Strategi Menyelamatkan Pancasila. Unpak.Ac.Id. https://www.unpak.ac.id/berita/strategi-menyelamatkan-pancasila

Diana Safitri, Zakaria, & Ashabul Kahfi. (2023). Pendidikan Kecerdasan Spiritual Perspektif Al-Ghazali dan Relevansinya Dengan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). TARBAWI: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1).

Dini Irawati, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, & Bambang Samsul Arifin. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Enco Mulyasa. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

H. Fardiansyah. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjauan Pada Pendidikan Formal). Widina Media Utama.

I. C. Pratomo & Y.T. Herlambang. (2021). Pentingnya Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pedagodik Pendidikan Dasar, 8(1), 7–15.

I. Hasbi. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Widina Bhakti Persada.

Ichsan. (2019). Pendidikan Nilai Kejujuran Berbasis Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 49–90.

Ina Magdalena, Nur Fajriyati Islami, Eva Alanda Rasid, & Nadia Tasya Diasty. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139.

Irmi Suryanti & Yasir Arafat. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggungjawab di SD Negeri 18 Air Kumbang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 200–206.

Jamaludin, Shofia Nurun Alanur S, Sunarto Amus, & Hasdin. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3).

K. A. Winata, Sahudi, & A. Hasanah. (2020). Landasan Teori Pendidikan Karakter di Sekolah (Tinjauan Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi). Jurnal Al Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen, Dan Pendidikan), 1(3), 48–59.

Liyun Nurul, Nur Khasanah Wahidah, & Azda Tsuraya Nurfahana. (2018). Menanamkan Karakter Cinta Lingkungan Pada Anak Melalui Program “Green and Clean.†Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital, Yogyakarta.

M. Sobry Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Holistica.

Matthew B. Miles & A. Michael Huberman. (2009). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UI-Press.

Muhammad Amin. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran. TABDIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105–124.

Muhammad Fazlurrahman. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam: Gagasan Alternatif Fazlur Rahman. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1).

Nugraheni Rachmawati, Arita Marini, Maratun Nafiah, & Lis Nurasiah. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3).

Nur Ainiyah. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Nur Fadhillah & Novan Ardy Wiyani. (2020). Model Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Masyarakat di MTs Pakis Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. HIJRI: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 9(1), 1–19.

Nur Qoyimatul Uyun Al Azizi. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Pendidikan Karakter Kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 1–11.

Oetomo Hasan. (2012). Pedoman Dasar Pendidikan Budi Pekerti. PT. Prestasi Pustakarya.

Opan Arifudin. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. 5(3), 829–837.

R. Tanjung. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391.

Septi Wahyu Utami. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 63–66.

Siti Baro’ah & Siti Mazidatul Qonita. (2020). Penanaman CiLi (Cinta Lingkungan) Pada Siswa Melalui Program Lingkungan Sekolah Tanpa Sampah Plastik. Jurnal PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 4(1), 11–16.

Sri Suwartini. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumadi Suryabrata. (2018). Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada.

Uchrowi. (2013). Karakter Pancasila: Membangun Pribadi dan Bangsa Bermartabat. Balai Pustaka.

Yudi. (2020). Pendidikan yang Berkebudayaan: Histori, Konsepsi, dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif. Gramedia.

Yudistira Cecep. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Alam Ungaran Kabupaten Semarang. UNNES Repository.

Published

2023-08-31

Issue

Section

Artikel