PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN SRAGEN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan video pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal Kabupaten Sragen tentang materi zat tunggal dan zat campuran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) jenis 4-D yang terdiri dari empat tahapan: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran. (dissemination). Teknik pengumpulan dan analisis data dilakukan secara kualitatif, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi: dan kuantitatif, yaitu: validasi media oleh para ahli, uji kepraktisan oleh guru dan siswa, serta uji efektivitas melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan sudah dinyatakan layak setelah melalui semua tahapan. Uji validitas memperoleh skor 80% (sangat valid) dari ahli materi dan 96% (sangat valid) dari ahli media. Rata-rata perolehan skor dari uji coba produk adalah 41,3 (pre-test) dan 67,5 (post-test). Uji efektivitas dihitung menggunakan N-gain dengan perolehan skor sebesar 0,44 (sedang). Uji kepraktisan memperoleh skor 100% (sangat praktis) dari guru dan 100% (sangat praktis) dari siswa kelas V SD Negeri Pilangsari 1. Berdasarkan hasil tersebut, video pembelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran berbasis kearifan lokal di Kabupaten Sragen telah memenuhi kriteria sebagai media untuk membantu siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran IPA dan dapat dimanfaatkan dalam praktisi pendidikan yang lebih luas.
Kata Kunci: IPA, kearifan lokal, media, pembelajaran,video
Full text article
References
Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–10. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran, Al-Tadzkiyyah: , Vol. 7, (2016), h. 177. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(45), 177. https://doi.org/10.24042/atjpi.v7i2.1501
Desstya, A. (2018). Validitas Reliabilitas Instrument Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Sekolah Dasar Muatan Pelajaran IPA. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 126. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1338
Erawahyuni, E. R., & Hidayat, M. T. (2023). Pengembangan Media Games Book Berbasis Cerita “Minuman Nusantara” Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II Di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v7i1.12921
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750
Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 7(1), 75–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v7i1.14065
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158–166. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
Khoirunnisa, A., Nulhakim, L., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Perpindahan Kalor Mata Pelajaran IPA. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 25–36. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10559
Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046–1052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.843
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Mursidi, P., Prananto, I. W., Arifani, F., & Setyawati, R. (2022). Pengembangan Flipbook Interaktif untuk Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar pada Materi Siklus Air. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IX(2), 128–141. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.128-141
Naila, I., Kusumajanti, W., Ridlwan, M., Sutadji, E., & Mashfufah, A. (2023). ONLINE-BASED SCIENCE PROJECT LEARNING AS AN ELECTIVE INSTRUCTING MODEL TO IMPROVE THE COLLABORATIVE SKILLS OF ELEMENTARY STUDENTS. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 15(1), 71-96.
Nashrullah, N., Sulton, & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327–332. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7076#
Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 1(2), 128–135. https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.27
Putri, A. F., Naila, I., & Afani, K. D. A. (2023). Pengembangan media Google Sites berbasis ethno sains pada mata pelajaran IPAS sekolah dasar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(3), 433-442.
Revita, R. (2019). Uji Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 148. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7486
Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885
Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 3(1), 29. https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780
Theresia, E., Rohana, R., & Ayu, I. R. (2023). Pengembangan Media Video Blog (Vlog) Berbasis Kearifan Lokal Materi Kegunaan dan Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 191–204. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14400
Vioreza, N., Supriatna, N., Hakam, K. A., Setiawan, W., & Indonesia, U. P. (2022). Analisis Ketersediaan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menumbuhkan Ecoliteracy. Pendas, Jurnal Cakrawala, 8(1), 147–156. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1924
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325
Wulandari, F., Mayasari, R., & Adrian, Y. (2022). Pengembangan Media IPA Berbasis Video Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kalimantan Selatan. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.33654/pgsd
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Yunarti, N. (2021). Analisa Kesulitan Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa SMP Negeri 1 Rambang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1745–1749. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1570
Authors
Copyright (c) 2024 Nova Dwi Suwanto, Anatri Desstya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.