KESANTUNAN BERBAHASA DALAM MEMBANGUN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dedi dwi Cahyono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sutama Sutama Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Djalal Fuadi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Minsih Minsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Eka Danik Prahastiwi Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v8i1.18608

Abstract

Penelitian ini, berupaya mengungkap permasalahan kesantunan bahasa anak kepada guru dan teman sekolahnya khususnya yang terjadi di sekolah dasar. Keengganan menggunakan bahasa yang sopan pada anak yang terjadi sekarang ini banyak terjadi terutama pada peserta didik kelas atas. Karena pada umumnya di kelas atas telah banyak pengalaman yang didapatkan selama bersekolah tingkat dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkapkan kejadian dengan penjelasan yang menyeluruh apa adanya. Desain penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Peneliti terfokus pada penggunaan tutur kata dalam membangun keterampilan berkomunikasi siswa SD Kelas V di SDN Sendang Kab. Pacitan. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan Siswa dalam mengikuti pelajaran supaya menjaga sikap dengan baik, dan tutur kata yang santun baik kepada sesama teman, maupun kepada guru karena kesantunan merupakan salah satu bentuk penghormatan. Kunci kesuksesan dalam pembelajaran adalah kesepahaman antara guru dan siswa dalam transaksi pembelajaran yakni dengan menggunakan sikap dan tutur kata yang santun.

References

Achadi Budi Santosa and Muhammad Zuhaery 2021. Membangun Karakter Siswa melalui Kesantunan Bahasa. Perspektif Pendidikan dan Keguruan. 12, 2 (Oct. 2021), 84-89. DOI:https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(1).7552.

Cahyaningrum, F., Andayani, A., & Setiawan, B. (2018). Kesantunan berbahasa siswa dalam konteks negosiasi di sekolah menengah atas. Jurnal Pena Indonesia, 4(1), 1- 23.

Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar. Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37Å“48.

Cahyono, D. D., Darsinah, D., & Wulandari, M. D. (2022). Kontribusi Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak pada Usia Sekolah Dasar. MASALIQ, 2(3), 394-405.

Danik, E. (2022). Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa pada Masa New Normal di SMK PGRI 1 Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 25-30.

Darmadi, Hamid. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bndung: Alfabeta.

Dari, A. W., Chandra, D. E., & Sugiyati, M. S. (2017). Analisis kesantunan berbahasa pada kegiatan pembelajaran kelas VIII E SMPN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 10-21.

Diani Febriasari1 (2018) Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Jurnal Kredo Vol. 2 No. 1

Fauziati Endang (2014) Prosiding Seminar Nasional “Ketidaksantunan Berbahasa dan Dampaknya dalam Pembentukan Karakterâ€LINGUISTIC IMPOLITENESS: A BRIEF LITERATURE REVIEW Universitas Muhammadiyah Surakarta http://hdl.handle.net/11617/4378

Hamalik, Oemar (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Bumi Aksara

Ismuratno, I., Hamdani, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2021). Implementasi Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di Lembaga Sekolah Dasar Islam Insan Cendekia Pacitan. Jurnal ilmiah “Kreatif†Vol, 19(1).

Minsih dkk (2019) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 6, No. 1, Juli DOI: 10.23917/ppd.v1i1.8467

Minsih & Galih, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengolahan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1).

Naila, I. (2021). Perilaku Social Loafing dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 136-141.

Naila, I., Ridlwan, M., & Nurdianah, L. (2022). Using ECL Media to Improve Information Literacy of Islamic Elementary School Students. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 2, pp. 289-302). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.

Nurjamily, W. O. (2015). Kesantunan berbahasa indonesia dalam lingkungan keluarga (kajian sosiopragmatik). Jurnal Humanika, 3(15).

Nurhayati, D., & Hendaryan, H. (2017). Kesantunan Berbahasa pada Tuturan Siswa Kelas VII C SMP Negeri 5 Ciamis. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 1(2), 1-8.

Pakaya, W. C., Sutadji, E., Dina, L. N. A. B., Rahma, F. I., Mashfufah, A., & Ayu, I. R. (2023). Metode Penelitian Pendidikan. Nawa Litera Publishing.

Prahastiwi, E. D., & Wahyuningsih, D. (2021). Bergesernya Pola Interaksi Sosial Keagamaan Islam Selama Pandemi COVID-19. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 5(2), 109-121.

Prahastiwi,E.D.,& Sugiyono. (2022). Women and its contribution in education era of 4.0 reviewed from Islamic perspective. Journal of Interdisciplinary Islamic Studies, 1(2), 50-55.

Prahastiwi D, 2001,Hubungan antara Jenjang Pendidikan Keluargan dan Intensitas Interaksi Sosial Terhadap Pembangunan Fisik Desa Sendang Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan: digilib.uns.ac.id

Rina Agustini (2017) Bentuk Kesantunan Berbahasa Indonesia (Studi Deskriptif Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Galuh Ciamis) ne-Jurnal LITERASI Volume 1 | Nomor 1 | April 2017

Surono, S., Prahastiwi, E. D., & Suprayitno, K. (2022). Konsep Pendidikan Generasi Anak Shalih (Analisis Buku Mendidik Anak Bersama Nabi Karya Muhammad Nur Abdul Suwaid). ALSYS, 2(5), 578-591.

Suyati, Wawancara Pribadi, Februari 2023

Suyitno,S. Cahyono, D.D., Mustofa, N.H., Fuadi,D., & Gunarsih,S.(2023). Peningkatanmotivasi belajar siswa SD kelas IV mata pelajaran IPAS tema batang tumbuhan melalui quantum teaching di SD IslamTerpadu Arrahmah Pacitan. Journal of basic learning and Thematic, 1(1),13-22

Published

2024-04-26

Issue

Section

Artikel