Implementasi Kegiatan Baca Tulis Al-Qur'an Melalui Media Iqro’ dalam Pembelajaran Al-Islam di Sekolah Dasar

Authors

  • Cesaria Maulida Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sukartono Sukartono Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i2.18394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) melalui media Iqro’ dalam pembelajaran Al-Islam di sekolah dasar. Kegiatan BTA merupakan kegiatan dalam mengembangkan kemampuan BTA pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas 1, dan siswa kelas 1 SD Muhammadiyah PK Baturan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Selanjutnya data akan dianalisis dengan menggunakan tiga alur analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan media Iqro’ yang diajarkan pada siswa disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam membaca Iqro’ berdasarkan jilid 1 sampai dengan 6. Kegiatan BTA dilaksanakan pada hari senin sampai hari jumat setelah siswa melaksanakan sholat dhuha. Berdasarkan kelompok yang telah dibagi, siswa membaca buku Iqro’ yang akan disimak oleh guru. Sedangkan kemampuan menulis Al-Qur’an diimplementasikan melalui pembelajaran Al-Islam. Dengan demikian siswa lebih mudah mengenal dan memahami huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan tingkat kesulitannya.

 

References

Al Halim, A. A., & Nurul‘Azizah, W. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Qo’idah Baghdadiyah Ma’a Juz ‘Amma (Turutan) Di Kelas 1A MI Ma’arif NU 01 Tritihkulon Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Tawadhu, 2(1), 490–504.

Aly, H. N., & Bustomi. (2022). Quran Literacy for Students With Special Needs. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 177–190.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arista, A. P., & Abidin, Z. (2022). Upaya Sekolah Dalam Penerapan Bebas Buta Baca Al-Quran Bagi Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Hadi Sukoharjo Tahun Pelajaran 2021/2022.

Azizah, M. (2018). STUDI KOMPARATIF ANTARA METODE QIRAATI DAN METODE UMMI PADA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QURAN (BTA)(Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Nurul Qommar Dan Sekolah Dasar Islam (SDI) Cahaya Ilmu Semarang.

Cahyati, J. N., Setiani, F., Suharyanto, S., Sholiha, H. I., & Giyoto, G. (2021). Sistem Four Day Four Places sebagai Bentuk Pendalaman Materi Ajar Pendidikan Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 117–126.

Fauji, I., Fahyuni, E. F., Muhid, A., & Fahmawati, Z. N. (2020). Implementing Child-Friendly Teaching Methods To Improve Qur’an Reading Ability. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1),69–78

Harahap, A., & Harahap, H. S. (2022). Penerapan Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di SD Citra Al Madina. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 10(1), 88–103.

Hidayah, A. R., & Hanifiyah, F. (2022). Implementasi Program BTA (Baca Tulis Al Quran) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Santri. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 109–125.

Islamiyah, L. (2020). Implementasi Program BTTQ Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca, Tulis Dan Menghafal Al-Qur’an di SD Islam Singosari Malang.

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen kelas guru profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan, dan berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Ma’mun, M. A. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2–10.

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Muhsin, A. (2017). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis AlQuran di TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito Jombang. Jurnal Al-Murabbi, 2(2), 275–290.

Muniarty, P., Wulandari, W., Ansyarif, A., Nurchairunisyah, N., Sari, F. M., Lalung, J., Fitrianingsih, A., Zidan, M. Z., Tupriatna, M., & Supratman, S. (2021). Pendampingan Baca Tulis Al Quran Bagi Anak-Anak di Lokasi KKN Kelurahan Dodu Kota Bima. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 96–99.

Nahar, S., Saputra, E., & Riyadh, M. (2021). Implementation of Tahsin Al Qur’an Learning with Iqro’Method in Improving Students’ Reading of Al Qur’an in SD IT DOD Tanjung Gusta Sunggal District. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(3), 1038–1045.

Nasir, A. (2015). Implementasi Media iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Dusun Kauman Desa Tempurejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Nikmat, H. (2019). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH AWALIYAH COKROAMINOTO TRIBUANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA.

Norhabibah, N. (2015). Pembelajaran BTA pada Kelas V di MI Hidaytussibiyan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala.

Nurhayah, N., & Muhajir, M. (2020). IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DAN MEDIA IQRO’DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN: DI SD ISLAM AL-AZHAR DAN SDIT NUR EL-QOLAM KABUPATEN SERANG. Qathrunâ, 7(2), 41–62.

Nur, I. R., & Aryani, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(3), 100–110.

Rachma, A. N., & Sasanti, A. E. (2021). Implementasi Pembelajaran BTA Melalui Media iqro’pada Anak SD Dukuh Tebon Gede. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 31–40.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95.

Sadiyah, K., & Kholili, S. (2021). Pendampingan Pembelajaran Baca Tulis Al Quran Pada Siswa Sd Negeri 2 Kuwasen Jepara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 148–153.

Samsiyah, N. N., Khasanah, U., & Fatchurrohman, M. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Media iqro’pada Mata Pelajaran BTA di SD Negeri 2 Lumbungkerep Wonosari Ta. 2021/2022. Journal on Education, 5(4), 14481–14492.

Shafa, G. A. (2021). Pengaruh Metode Iqra Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Prasekolah. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 3(2), 90–129.

Siregar, I. I. (2018). Penerapan media iqro’dan pengaruhnya terhadap kemampuan membaca al-Qur’an murid MDA Muhammadiyah Bonan Dolok. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 3(1).

Srijatun, S. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an dengan Metode Iqra pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 25–42.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 26–33.

Supriyadi, T. (2022). Al- Qur ’ an Literacy : A Strategy and Learning Steps in Improving Al- Qur ’ an Reading Skills through Action Research. 21(1), 323–339.

Suryati, S., & Waspodo, W. (2020). PENINGKATAN HASIL BACA TULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE IQRO.

Susilo, W. H. (2010). Penelitian Kualitatif. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.

Syahbudin, Z., Muthia, R. A., & Thahir, M. (2019). Relationship Between Students’ Emotional Intelligence and Their Tadarrus Al Qur’Ān Activities. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 149–158. https://doi.org/10.15575/jpi.v5i2.6368

Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Quran bagi Guru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 68–81.

Wahyuni, A. N. (2016). Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Mata Pelajaran Al–Islam di Kelas III SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Yusufi, A. (2018). Implementasi Model Islamic Peace Education di SD Islam Taâ€TM allumul Huda Bumiayu. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(1), 129–140.

Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Jurnal Al-Murabbi, 3(2), 263–278.

Zulfitria, Z., & Arif, Z. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI MEDIA IQRO’DI TK HIAMA KIDS-BOGOR:(Action Reseach Class). Al-I’jaz: Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman, 4(1), 60–80.

Published

2023-08-31

Issue

Section

Artikel