DESAIN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRATIS PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Permasalahan pada pendidikan usia dini khususnya pada kelas V yakni rendahnya karakter demokrasi dalam diri peserta didik salah satunya yang disalurkan melalui pembelajaran PPKn, dan belum adanya pembaharuan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan acuan kurikulum merdeka belajar. Tujuan dalam penelitian yakni memodifikasi atau mengembangkan kembali perangkat pembelajaran yang akan diimplementasikan kepada peserta didik SD kelas V. pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdapat 4 tahap pengembangan yakni Define , Design, Develop, dan Dessminate. dengan sampel 20 peserta peserta didik kelas V. Metode pengumpulan yang digunakan soal pretest/postest yang digunakan sebagai penarik kesimpulan dari berbagai teknik yang dilakukan, wawancara terhadap guru kelas dan beberapa peserta didik, dan angket yang diberikan kepada peserta didik. Teknik analisis yang menggunakan kualitatif deskriptif melalui survei data yang dihasilkan akan menyajikan kesimpulan terkait keberhasilan modifikasi perangkat pembelajaran pada mata pelajaran PPKn yang telah diimplementasikan. Hal yang terpenting dalam penelitian ini mengemukakan karakter demokrasi pada pendidikan yang diberikan sejak usia dini, Hal yang terpenting dalam penelitian ini mengemukakan karakter demokrasi pada pendidikan yang diberikan sejak usia dini, dengan melalui pembelajaran PPKn dengan mengikuti acuan dari kurikulum merdeka yang berjalan saat ini. Hal yang terpenting dalam penelitian ini mengemukakan karakter demokrasi pada pendidikan yang diberikan sejak usia dini, dengan melalui pembelajaran PPKn dengan mengikuti acuan dari kurikulum merdeka yang berjalan saat ini.. Berbagai upaya terus dilakukan karena pada abad ke-21 ini, jika terjadi ke kekacauan zaman dan pendidikan budi pekerti akan berakibat pada pengisian siswa pada pengajaran yang salah.
Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Karaker;Demokratis;Pendidikan Karakter
Full text article
References
Ayun, A. F. (n.d.). Pendidikan Karakter Demokratis Di Kelas Iv A SdNegeri I JampirosoTemanggung, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 25 Ke 5 2016.Available :https://eprints.uny.ac.id/37870/
Bua, M. T. (n.d.). Pengembangan Media Animasi Berbasis Pendidikan Karakter untukMeningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar.Available :https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/3145/pdf
Farindhni, D. A. 2018. Pengembangan Media Video Animasi Untuk PeningkatanMotivasi Belajar Dan Karakter Demokratis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2). Available:https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21850
Hasanah, R. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Al-Quran Hadits. 1.Jurnal DIKDAS BANTARA. (2019). 2.Available :https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/6552/4207
Kamid, K., Winarni, S., Rohati, R., Pratama, W. A., & Triani, E. (2022). Student TeamAchievement Division Learning Model and Student Process Skills. Jurnal Ilmiah SekolahDasar, 6(1), 1–10. Available:https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.42456
Kurdi, M. S. (2018). Evaluasi Implementasi Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan Humanistik. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 125. Available : https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1243
Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37. Available :https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528
Na’imah, I., & Bawani, I. 2021. Penanaman Pendidikan Karakter Demokratis Di Pondok Pesantren.Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 228–236. Available :https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.604
Parida, L., Sirhi, S., & Dike, D. (n.d.). Habituasi Karakter Unggul Siswa Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Kabupaten Sintang.Jurnal JPSD Vol. 7 No. 1 2020. Available : http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1431
Rozana, A. A., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018).Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–16. Available :https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-01
Siregar, N. N., & Irnandi, I. Integrasi Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Pada Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sd. 6(2). Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 6 No. 2 Juli 2020.
Subiyanti, S. Pendidikan Karakter Berbasis Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 11.Jurnal Ilmiah Kependidikan Vo. 11 No. 1 Desember 2020.Available :https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/issue/view/181
Trisiana, A., Sugiaryo, S., & Rispantyo, R. (2019).Model Desain Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Media Digital Sebagai Pendukung Implementasi Pendidikan karakter. Jurnal CivicsMedia Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 154–164. Available :https://doi.org/10.21831/jc.v16i2.24743
Wulandari, R., Shofiyah, N., & Indrakurniawan, M. Conceptualization of Multicultural-Based Blended Learning with Flipped Classroom Model: Implications for Collaborative Problem Solving.Senara 2022.
Zubaedi. 2013. Buku Desain Pendidikan Karakter.Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Available :http://repository.iainbengkulu.ac.id/4419/
Ningsih T, 2015. Buku Implementasi Pendidikan karakter. Purwokerto : STAIN Pres. Available : https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=ySGiV-cAAAAJ&citation_for_view=ySGiV-cAAAAJ:-f6ydRqryjwC
Airlangga, S. P. (2019). Hakikat Penguasa dalam Negara Hukum Demokratis. Cepalo, 3(1), 1. https://doi.org/10.25041/cepalo.v3no1.1783
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. 03(02).
Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Vol. 8(2).
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3). https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Usia Dini. Vo.01. No.2.
Munisah, E. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol.18. No.1 Available : https://jurnal.umko.ac.id/index.php/elsa/article/view/231
Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Vol. 1.No.1. Available : https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/view/181/91
Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. Available : https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491
Sihono, T. (2011). Demokratis Pendidikan. Vol.8. Available : https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.708
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 1. No. (1). Available : https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Widianto, E. (t.t.). 2015. Peran Orang tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Aanak Usia Dini Dalam Keluarga. Available : https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/1817
Widodo, H. (t.t.). 2019. Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macana Sleman Yogyakarta. Vol.22 No.1. Available: https://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/7260
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). Available : https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Authors
Copyright (c) 2024 Erni Sulis Setyowati, Machful Indra Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.