Desain Pendidikan Karakter Demokratis Pada Pembelajaran PPKn Kelas V SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool UMSIDA

Erni Sulis Setyowati (1), Machful Indra Kurniawan (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

Abstrak

Desain pendidikan karakter yang diterapkan dalam pembelajaran PPKn bertujuan untuk mewujudkanserta menanamkan karakter demokratis dalam diri peserta didik, sesuai dengan norma yang ada pada kehidupan sekitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan research and Development (R&D) menggunakan model 4D yakni dikutip dari Thiagarajan, (1974) menjadi 4 tahap pengembangan. Tahap pertama  Define (Pendefinisian), kedua Design, ketiga Develop, dan  keempat Dessminate (Penyebaran). Pada hasil penelitian menunjukan tahap pendefinisian kurang adanya inovatif dalam penyampaian materi pembelajaran PPKn sehingga peserta didik akan merasa jenuh dengan pembelajaran, perangkat pembelajaran yang belum adanya pembahuruan dengan kurikulum terbaru dan pada perangkat pembelajaran tersebut kurangnya kegiatan pembelajaran yang direncanakan dan kondisi peserta didik yang menunjukan bahwa kurangnya rasa keingin tahuan dalam dirinya. Tahap perancangan dalam menyusun perangkat pembelajaran secara kontekstual, dan penyesuaian materi yang disampaikan.Tahap pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan pengembangan dengan memberikan variasi dalam setiap pertemuan pada pembelajaran. Dan tahap penyebaran melalui 3 tahapan yakni tes validasi pada validator ahli, divisi penafsiran dari sebuah lembaga pendidikan terhadap perangkat pembelajaran, dan berdasarkan pengembangan instruksional model 4D memasuki tahap adopsi pada perangkat pembelajaran yang telah dirancang dan dikembangkan dalam penerapan pembelajaran PPKn.Upaya tersebut terus dilaksanakan karena pada abad ke-21 ini apabila tidak seimbang antara perkembangan zaman dengan pendidikan karakter maupun moral akan mengakibatkan terjerumusnya peserta didik dalam ajaran yang salah

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Ayun, A. F. (n.d.). Pendidikan Karakter Demokratis Di Kelas Iv A SdNegeri I JampirosoTemanggung, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 25 Ke 5 2016.Available :https://eprints.uny.ac.id/37870/

Bua, M. T. (n.d.). Pengembangan Media Animasi Berbasis Pendidikan Karakter untukMeningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar.Available :https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/3145/pdf

Farindhni, D. A. 2018. Pengembangan Media Video Animasi Untuk PeningkatanMotivasi Belajar Dan Karakter Demokratis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2). Available:https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21850

Hasanah, R. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Al-Quran Hadits. 1.Jurnal DIKDAS BANTARA. (2019). 2.Available :https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/6552/4207

Kamid, K., Winarni, S., Rohati, R., Pratama, W. A., & Triani, E. (2022). Student TeamAchievement Division Learning Model and Student Process Skills. Jurnal Ilmiah SekolahDasar, 6(1), 1–10. Available:https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.42456

Kurdi, M. S. (2018). Evaluasi Implementasi Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan Humanistik. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 125. Available : https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1243

Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37. Available :https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528

Na’imah, I., & Bawani, I. 2021. Penanaman Pendidikan Karakter Demokratis Di Pondok Pesantren.Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 228–236. Available :https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.604

Parida, L., Sirhi, S., & Dike, D. (n.d.). Habituasi Karakter Unggul Siswa Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Kabupaten Sintang.Jurnal JPSD Vol. 7 No. 1 2020. Available : http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1431

Rozana, A. A., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018).Smart Parenting Demokratis Dalam Membangun Karakter Anak. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–16. Available :https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-01

Siregar, N. N., & Irnandi, I. Integrasi Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Pada Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sd. 6(2). Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 6 No. 2 Juli 2020.

Subiyanti, S. Pendidikan Karakter Berbasis Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 11.Jurnal Ilmiah Kependidikan Vo. 11 No. 1 Desember 2020.Available :https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/issue/view/181

Trisiana, A., Sugiaryo, S., & Rispantyo, R. (2019).Model Desain Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Media Digital Sebagai Pendukung Implementasi Pendidikan karakter. Jurnal CivicsMedia Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 154–164. Available :https://doi.org/10.21831/jc.v16i2.24743

Wulandari, R., Shofiyah, N., & Indrakurniawan, M. Conceptualization of Multicultural-Based Blended Learning with Flipped Classroom Model: Implications for Collaborative Problem Solving.Senara 2022.

Zubaedi. 2013. Buku Desain Pendidikan Karakter.Jakarta : Kencana Prenada Media Group. Available :http://repository.iainbengkulu.ac.id/4419/

Ningsih T, 2015. Buku Implementasi Pendidikan karakter. Purwokerto : STAIN Pres. Available : https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=ySGiV-cAAAAJ&citation_for_view=ySGiV-cAAAAJ:-f6ydRqryjwC

Airlangga, S. P. (2019). Hakikat Penguasa dalam Negara Hukum Demokratis. Cepalo, 3(1), 1. https://doi.org/10.25041/cepalo.v3no1.1783

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. 03(02).

Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Vol. 8(2).

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3). https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Usia Dini. Vo.01. No.2.

Munisah, E. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol.18. No.1 Available : https://jurnal.umko.ac.id/index.php/elsa/article/view/231

Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Vol. 1.No.1. Available : https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/view/181/91

Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. Available : https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491

Sihono, T. (2011). Demokratis Pendidikan. Vol.8. Available : https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.708

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 1. No. (1). Available : https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Widianto, E. (t.t.). 2015. Peran Orang tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Aanak Usia Dini Dalam Keluarga. Available : https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/1817

Widodo, H. (t.t.). 2019. Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macana Sleman Yogyakarta. Vol.22 No.1. Available: https://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/7260

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). Available : https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Penulis

Erni Sulis Setyowati
ernisulisumsida01@gmail.com (Kontak utama)
Machful Indra Kurniawan
Setyowati, E. S., & Kurniawan, M. I. (2024). Desain Pendidikan Karakter Demokratis Pada Pembelajaran PPKn Kelas V SD Muhammadiyah 1 Candi Labschool UMSIDA. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30651/else.v8i1.18017

Rincian Artikel