Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ummu Khairiyah Universitas Islam Lamongan
  • Gusmaniarti Gusmaniarti
  • Berda Asmara
  • Suryanti Suryanti
  • Wiryanto Wiryanto
  • Sulistiyono Sulistiyono

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i2.16924

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka pada sekolah penggerak dalam membentuk karakter profil pelajar Pancasila peserta didik sekolah dasar di SDN 3 Tlanak Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis fenomenologis. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara kepada kepala sekolah, dan guru yang menerapkan kurikulum merdeka, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi data sebagai bentuk kevalidan dan keabsahan data. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam mengimplementasi kurikulum merdeka melalui kegiatan intrakulikuler dan P5 menjadikan peserta didik memiliki karakter profil pelajar Pancasila. Peserta didik diberikan beragam kegiatan pembelajaran sesuai minat dan kebutuhan. Kurikulum merdeka memiliki potensi dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila apabila dalam implementasinya adanya kolaborasi yang baik antara kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua, serta masyarakat

References

Christina, E. (2013). Pendidikan yang Memanusiakan Manusia. Jurnal Humaniora, 4(1), 398–410.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kulaitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Effendi, T. N. (2013). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 1–18.

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4).

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 1(1), 28–42.

Handa, M. C. (2019b). Leading Differentiated Learning for the Gifted. Roeper Review, 41(2).

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(2a), 6–16.

Jayanti, G. D., Setiawan, F., Rivaldo, A., & Siregar, N. P. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(1), 40–48.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 5(2), 138–151. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Kemendikbud. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar†di Era Society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 66–78.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusmastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Orthopedagogik, 1(3).

Martant, F., Widodo, J., Rusdarti, R., & Priyanto, agustinus sugeng. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 412–417.

Marzuki. (2012). Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 33–44.

Miles, M. B. J. S., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2019). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Sage Publications.

MS, B., & Swadayani, T. B. (2014). Implementasi program pendidikan karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(3), 235–244.

Mukhadis, A. (2013). Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter Dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2).

Nurdyansyah, F., Muflihati, I., Muliani Dwi Ujianti, R., Novita, M., Kusumo, H., Mujiono, M., & Charles Ryan, J. (2022). Indonesian Character Building Strategy: Planning the Pancasila Student Profile Strengthening Project in Kurikulum Merdeka. KnE Social Sciences, 362–369. https://doi.org/10.18502/kss.v7i19.12456

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.

Schafersman, S. D. (1991). An Introduction to Critical Thinking.

Published

2023-08-11

Issue

Section

Artikel