IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Vera Tristiana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sukartono Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i2.16887

Abstract

Pelaksanaan adiwiyata di SDN Karangasem IV Surakarta dilatarbelakangi oleh karakter gotong royong siswa yang masih lemah, terdapat beberapa siswa belum memiliki nilai-nilai karakter gotong royong di sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya program sekolah yang dapat memberikan solusi dari masalah tersebut. Program sekolah adiwiyata dirasa dapat memberikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program sekolah adiwiyata untuk menumbuhkan karakter gotong royong siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain fenomenologis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik. Teknik analisis data dengan analisis data interaktif menurut Miles dan Huberman dengan Langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulam.  Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Pelaksanaan program sekolah adiwiyata di SDN Karangasem IV Surakarta meliputi beberapa kegiatan yaitu kegiatan jumat bersih, membuat prakarya, menanam tanaman (2) Kegiatan tersebut dapat menumbuhkan karakter gotong royong siswa yang dapat dilihat dari pengalaman siswa saat melaksanakan kegiatan tersebut bersama dengan siswa lain maupun warga sekolah.

 

Kata Kunci: implementasi; adiwiyata; karakter siswa.

Published

2023-10-26

Issue

Section

Artikel