ANALISIS PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG PADA SISWA KELAS IV

Meidiana Puspita Sari (1), Khairil Iba (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka,
(2) , Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan penggunaan Media Video Animasi dengan Buku Cerita Bergambar pada hasil belajar Bahasa Indonesia materi dongeng pada siswa kelas IV SDN Kampung Melayu 02 Petang. Penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen yang dilaksanakan di kelas IV SDN Kampung Melayu 02 Petang dengan jumlah siswa sebanyak 30. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes esai, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenis dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil perhitungan diperolah rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media video animasi yaitu 87,7 sedangkan hasil belajar siswa menggunakan media buku cerita bergambar yaitu 62,3. Berdasarkan  perhitungan harga thitung = 3,1295 serta ttabel = 2,0007 pada taraf signifikan (α) = 0,05 sedangkan dengan derajat kebebasan 58. Oleh karena itu, thitung > ttabel (3,1295 > 2,0007) maka Ho ditolak karena tidak memenuhi kriteria. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara media video animasi dengan media buku cerita.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Meidiana Puspita Sari
meidianapuspitasari75@gmail.com (Primary Contact)
Khairil Iba
Sari, M. P., & Iba, K. (2023). ANALISIS PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG PADA SISWA KELAS IV. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 111–118. https://doi.org/10.30651/else.v7i1.13868

Article Details