Pengembangan LKS Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berkolaborasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Authors

  • Fadila Adhiati Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Retno Triwoelandari Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • M. Kholil Nawawi Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i1.13784

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan lembar kegiatan siswa pembelajaran IPA. Peneliti melakukan penelitian ini karena LKS yang digunakan oleh sekolah rata-rata hanya berisikan soal-soal sebagai bahan evaluasi bagi siswa. Adapun LKS yang seharusnya adalah proses kegiatan yang perlu dilakukan saat pembelajaran sebagai tahapan bagi siswa untuk mendapatkan konsep yang benar secara mandiri. LKS IPA ini dikembangkan dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berkolaborasi. Metode yang digunakan adalah R&D model ASSURE. Teknik mengumpulkan data oleh peneliti yaitu menggunakan angket validasi, respon siswa dan lembar observasi. Penelitian yang dilakukan melalui tiga tahap uji coba, yaitu perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada  kemampuan berkolaborasi siswa setelah menggunakan LKS pembelajaran IPA berbasis STEM dengan perbedaan hasil data pretest dan posttest pada uji kelompok besar adalah sebesar 8.50. Perbedaan hasil nilai posttest antara kelas eksperiman dan kontrol sebesar 7.816 yang menunjukan adanya peningkatan kemampuan berkolaborasi siswa kelas eksperimen.

Kata Kunci: LKS; STEM; Kemampuan Berkolaborasi

References

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.

Febriani, Y., Putra, A., & Darvina, Y. (2018). Validitas Desain LKS Berorientasi Metode Ilmiah untuk Pencapaian Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Fisika pada Mater i Gerak Melingkar dan Hukum Newton Di Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 11(2), 105–112. http://dx.doi.org/10.24036/3232171074

Hamdu, G., & Rostiana, N. I. (2020). Desain Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran STEM untuk Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 79–87. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4809.

Hildayatni, D., Triwoelandari, R., & Hakiem, H. (2019). Kelayakan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Agama untuk Mengembangkan Karakter Rasa Ingin Tahu. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 3(2), 203-218. https://doi.org/10.32934/jmie.v3i2.134.

Junita, A., Supriatno, B., & Purwianingsih, W. (2021). Profil Keterampilan Kolaborasi Siswa SMA pada Praktikum Maya Sistem Ekskresi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(2), 50–57. https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i2.41480.

Marliani, T., Hamdu, G., & Pranata, O. H. (2021). Pengembangan LKS Pembelajaran STEM untuk Mencapai Keterampilan 4C dengan Media Electrical Tandem Roller di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasarerved, 8(2), 276–291. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.

Mawaddah, R., Triwoelandari, R., Irfani, F. (2022). Kelayakan LKS Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SD/MI. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Menghadapi Revolusi. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 453-460. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/325/351

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0APengembangan

Pramesti, S. L. D. (2021). Modul Workshop Pembelajaran Matematika 1. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.

Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765.

Riyanto, Fauzi, R., Syah, I. M., & Muslim, U. B. (2021). Model STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dalam Pendidikan. Bandung: Widina Bhaki Persada Bandung.

Santoso, S. H., & Mosik, M. (2019). Kefektifan LKS Berbasis STEM ( Science, Technology, Engineering and Mathematic ) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis siswa pada pembelajaran Fisika SMA. Unnes Physics Education Journal, 8(3), 248-253. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej.

Saputra, A. dkk. (2022). Penggunaan Model ASSURE Dalam pengembangan Video Animasi Pengajaran Bahasa Inggris 2D Berbasis Studi Islam untuk Siswa Raudhatul Athfal. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 23–34. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.7.1.23-34.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260.

Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179.

Wati, R., Suyatna, A., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Pembelajaran Fluida Statis Di SMAN 1 Kota Agung. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 3(2), 116860. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8468.

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) Di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v7i2.665.

Yusliani, E., Burhan, H. L., & Nafsih, N. Z. (2019). Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke-21 dalam Sajian Buku Teks Fisika SMA Kelas XII Semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(November), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/392.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, Oktober, 1–7. https://www.researchgate.net/publication/332469989

Published

2023-08-11

Issue

Section

Artikel