ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH 1 KARANGJATI

Risma Ariyanti (1), Muhamad Taufik Hidayat (2)
(1) ums, Indonesia,
(2) ums, Indonesia

Abstract

Latar belakang dari penulisan ini yaitu adanya perubahan penerapan kurikulum pada tingkat sekolah dasar dengan kurikulum merdeka. Yang mana guru harus memiliki kesiapan optimal dalam melaksanakan pembelajaran dengan kurikulum merdeka. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan reduksi, penyajian, dan menyimpulkan. Teknik penilaian untuk mengecek keabsahan data yaitu dengan triangulasi teknis dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Tingkat pemahaman komponen kurikulum merdeka adalah 50% ( 4 guru) “Sangat pahamâ€, 12,5% ( 1 guru) “pahamâ€, dan 37,5% (3 guru) “kurang pahamâ€. Hasil ini menunjukkan bahwa kesiapan guru termasuk dalam kategori siap dalam pembelajaran Kurikulum 2013. (2) Pemahaman menggunakan platform Merdeka Mengajar adalah 25% (2 guru) “kurang paham†dan 75% (6 guru) “sangat pahamâ€.

 

Full text article

Generated from XML file

Authors

Risma Ariyanti
a510180160@student.ums.ac.id (Primary Contact)
Muhamad Taufik Hidayat
Ariyanti, R., & Hidayat, M. T. (2023). ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH 1 KARANGJATI. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 15–18. https://doi.org/10.30651/else.v7i1.12965

Article Details