MODEL TPACK-21 GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA SUKABUMI

Hamidah Suryani Lukman (1), Astri Sutisnawati (2), Ana Setiani (3), Nur’aini Muhassanah (4)
(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia,
(4) , Indonesia

Abstract

Guru abad 21 memiliki peran untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran di kelas, juga menekankan pembelajaran kolaboratif dan pemecahan masalah pada setiap proses pembelajarannya. Untuk itu seorang guru harus mengikuti dan mengintegrasikan perkembangan teknologi dalam Pendidikan. Kerangka kerja baru yang mengintegrasikan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan content knowledge pada pembelajaran abad 21, lebih dikenal sebagai TPACK-21. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan kemampuan TPACK-21 Guru SD Di Kota Sukabumi menggunakan metode SEM. Penelitian menggunakan metode survey dengan instrumen self-assessment yang terdiri dari 38 butir pertanyaan sebagai penjabaran indikator pembentuk TPACK-21. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang guru SD di Kota Sukabumi. Data dianalisis menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa hanya Technological Content Knowledge (TCK) dan Technological Pedagogical Knowledge (TPK) yang berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap Technological Pedagogical Content Knowledge-21 (TPACK21) guru SD di Kota Sukabumi. Ini berarti kompetensi TPACK-21 guru SD Di kota Sukabumi dapat ditingkatkan melalui peningkatan komponen TCK dan TPK guru. Sedangkan Content Knowledge (CK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Technological Knowledge (TK) berpengaruh tidak langsung terhadap TPACK melalui TCK dan TPK.

References

Read More

Authors

Hamidah Suryani Lukman
hamidahsuryani@ummi.ac.id (Primary Contact)
Astri Sutisnawati
Ana Setiani
Author Biographies

Hamidah Suryani Lukman, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Matematika

Nur’aini Muhassanah

Universitas Nahdhatul Ulama Purwokerto
Lukman, H. S., Sutisnawati, A., Setiani, A., & Muhassanah, N. (2022). MODEL TPACK-21 GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA SUKABUMI. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 398–418. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.12712

Article Details