PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Uciatun Uciatun (1), M Japar (2), Amalia Sapriati (3)
(1) Universitas Terbuka, Indonesia,
(2) Universitas Negeri Jakarta,
(3) Universitas Terbuka

Abstract

Strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam pembelajaran IPS menjadi salah satu hal yang membosankan, karena pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga interaksi guru dan siswa terbatasi. Konsep pembelajaran berpusat pada penugasan dan hal ini dapat berpengaruh pada beban kognitif siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari minat belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain faktorial 2x2. Teknik pengambilan sampel dengan purpose random sampling, sehingga sampel diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 56 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Make A Match lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional. 2). Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan strategi pembelajaran Make A Match dibandingkan strategi pembelajaran konvensional. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat belajar rendah dengan strategi pembelajaran Make A Match lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional. 4). Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Make A Match dan strategi pembelajaran konvensional ditinjau dari minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa.

References

Read More

Authors

Uciatun Uciatun
Uciatun78@gmail.com (Primary Contact)
M Japar
Amalia Sapriati
Uciatun, U., Japar, M., & Sapriati, A. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 384–397. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.12592

Article Details