PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam pembelajaran IPS menjadi salah satu hal yang membosankan, karena pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga interaksi guru dan siswa terbatasi. Konsep pembelajaran berpusat pada penugasan dan hal ini dapat berpengaruh pada beban kognitif siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari minat belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain faktorial 2x2. Teknik pengambilan sampel dengan purpose random sampling, sehingga sampel diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 56 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Make A Match lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional. 2). Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan strategi pembelajaran Make A Match dibandingkan strategi pembelajaran konvensional. 3). Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki minat belajar rendah dengan strategi pembelajaran Make A Match lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional. 4). Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Make A Match dan strategi pembelajaran konvensional ditinjau dari minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa.
References
Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/JIPP.V5I1.111
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Alam, M. M. (2015). Quality Assurance in School Education. Learning Community-An International Journal of Educational and Social Development, 6(1), 163. https://doi.org/10.5958/2231-458x.2015.00015.9
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Anjarsari, P. (2014). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir (Thinking Skills) dalam Pembelajaran IPA. Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013, 1–10. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/putri-anjarsari-ssi-mpd/pentingnya-melatih-keterampilan-berpikir-critical-thinking-dalam-pembelajaran-ipa-smp.pdf
Bahri, A., & Corebima, A. D. (2015). The contribution of learning motivation and metacognitive skill on cognitive learning outcome of students within different learning strategies. Journal of Baltic Science Education, 14(4), 487–500. https://doi.org/10.33225/jbse/15.14.487
Febrianti, F. A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS. Journal Civics & Social Studies, 3(2), 42–52. https://doi.org/10.31980/2655-7304.v3i2.696
Freire, P. (2012). Pendidikan Sebagai Proses Surat menyurat, Pedagogik dengan Para Pendidik. Guiera Bisseum.
Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving junior high schools’ critical thinking skills based on test three different models of learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101–116. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1017a
Gordon, L. A., Loeb, M. P., & Tseng, C. Y. (2009). Enterprise risk management and firm performance: A contingency perspective. Journal of Accounting and Public Policy, 28(4), 301–327. https://doi.org/10.1016/j.jaccpubpol.2009.06.006
Grajo, L. C., Gutman, S. A., Gelb, H., Langan, K., Marx, K., Paciello, D., Santana, C., Sgandurra, A., & Teng, K. (2019). A Rasch Analysis Study Determining the Internal Validity and Separation Reliability of the Inventory of Reading Occupations - Adult: A Measure of Functional Literacy Participation. Occupational Therapy in Health Care, 33(4), 394–412. https://doi.org/10.1080/07380577.2019.1678216
Guzman, A., & Nussbaum, M. (2009). Teaching competencies for technology integration in the classroom. Journal of Computer Assisted Learning, 25(5), 453–469. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2009.00322.x
Hamdu, G. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Hots Berdasarkan Taksonomi Bloom Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 45–58.
Hong, S. Y., Torquati, J., & Molfese, V. J. (2013). Theory guided professional development in early childhood science education. Advances in Early Education and Day Care, 17, 1–32. https://doi.org/10.1108/S0270-4021(2013)0000017005
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.
I Made Ari Artana, Nyoman Dantes, I. wayan L. (2015). E- Journal. Program Pascasarjana Iniversitas Pendidikan Garesha Program Studi Pendidikan Dasar, 5.
Irsyadi, F. Y. Al, & Nugroho, Y. S. (2015). Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect. Prosiding SNATIF, 2, 1–8. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/viewFile/296/314
Kurniasih, I. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kota Pena.
Massa, S. (2014). The Development Of Critical Thinking In Primary School : The Role Of Teachers ’ Beliefs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 387–392. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.068
Mulyasa. (2009). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya.
Murawski, L. M. (2014). Critical Thinking in the Classroom... and Beyond. Journal of Learning in Higher Education, 10(1), 25–30.
Mursidin. (2011). Moral Sumber Pendidikan. Ghalia Indonesia.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Parlan, P., Ibnu, S., Rahayu, S., & Suharti, S. (2018). Effects of the metacognitive learning strategy on the quality of prospective chemistry teacher’s scientific explanations. International Journal of Instruction, 11(4), 673–688. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11442a
Pembelajaran, U., & Yang, I. P. A. (2017). MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH. 01(01), 52–59.
Prabowo, R., Murni, A., Matematika, P., & Riau, U. (2020). EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING MODELS TO IMPROVE STUDENTS ’ MATHEMATICAL LEARNING OUTCOMES IN XI-MIPA SMA NEGERI 8 PEKANBARU EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA . 2(7).
Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Primandhika, R. B. (2019). Developing interactive learning media for school level mathematics through open-ended approach aided by visual basic application for excel. Journal on Mathematics Education, 10(1), 59–68. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5391.59-68
Sandilos, L. E., Rimm-Kaufman, S. E., & Cohen, J. J. (2017). Warmth and Demand: The Relation Between Students’ Perceptions of the Classroom Environment and Achievement Growth. Child Development, 88(4), 1321–1337. https://doi.org/10.1111/cdev.12685
Schroeder, M., Mckeough, A., & Graham, S. (2009). The Contribution of Trade Books to Early Science Literacy : In and Out of School. 231–250. https://doi.org/10.1007/s11165-008-9082-0
Sever, I., Öncül, B., & Ersoy, A. (2019). Using flipped learning to improve scientific research skills of teacher candidates. Universal Journal of Educational Research, 7(2), 521–535. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070225
Sitindaon, S. F., Bukit, N., & Turnip, betty marisi. (2017). The Effect of Guided Inquiry Learning Using PhET Media on Students ’ Problem Solving Skill and Critical Thinking. Journal of Education and Practice, 8(21), 129–134.
Solari, E. (2014). Longitudinal prediction of 1st and 2nd grade English oral reading fluency in ELL. Journal of adolescence, 74(4), 274–283. https://doi.org/10.1002/pits
Tavangarian, D., Leypold, M., Nölting, K., Röser, M., & Voigt, D. (2004). Is e-Learning the Solution for Individual Learning?. Electronic Journal of E-Learning, 2(2), 273–280.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media Group.
Walkington, H. (2015). Students as researchers: Supporting undergraduate research in the disciplines in higher education. The Higher Education Academy, online(online), online. https://www.heacademy.ac.uk/system/files/resources/Students as researchers_1.pdf
Welch, A. G. (2010). Using the TOSRA to assess high school students’ attitudes toward science after competing in the first robotics competition: An exploratory study. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 6(3), 187–197. https://doi.org/10.12973/ejmste/75239
Widayanti, W. P., Armawi, A., & Andayani, B. (2018). Wawasan Kebangsaan Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa (Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Umum Berasrama Berwawasan Nusantara, SMA Umum Di Lingkungan Militer Dan SMA Umum Di Luar Lingkungan Militer Di K. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 1. https://doi.org/10.22146/jkn.32229
Authors
Copyright (c) 2022 Uciatun Uciatun, M Japar, Amalia Sapriati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.