PENGARUH MEDIA ANIMASI WAYANG SUKURAGA PADA MATERI CUACA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS RENDAH

Ratu Fakhira Putri (1), Astri Sutisnawati (2), Irna Khaleda Nurmeta (3), Irmawati Martiningsih (4), Lisdianingsih Lisdianingsih (5)
(1) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI,
(2) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI,
(3) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI,
(4) SDN HEGARMANAH,
(5) SDN HEGARMANAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi sains siswa yang menggunakan media animasi wayang sukuraga pada pembelajaran IPA materi cuaca lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan literasi sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan design dengan populasi penelitian 2 kelas yang diambil dari kelas rendah A dan B  di SDN Hegarmanah Sukabumi. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen test. Berdasarkan uji prasyarat data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal maka, dilakukan uji lanjutan yaitu uji t dua sampel independen. Ada perbedaan yang signifikan terhadap literasi sains siswa siswa, ini dibuktikan dengan uji t dua sampel independen maka penelitian ini menolak H0 dan menerima H1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa literasi sains siwa yang menggunakan media animasi wayang sukuraga lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Terjadi peningkatan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media animasi wayang sukuraga pada materi cuaca.

References

Read More

Authors

Ratu Fakhira Putri
ratufahiraputrii15@ummi.ac.id (Primary Contact)
Astri Sutisnawati
Irna Khaleda Nurmeta
Irmawati Martiningsih
Putri, R. F., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., Martiningsih, I., & Lisdianingsih, L. (2022). PENGARUH MEDIA ANIMASI WAYANG SUKURAGA PADA MATERI CUACA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS RENDAH. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 367–383. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.12425

Article Details