PENGARUH MEDIA ANIMASI WAYANG SUKURAGA PADA MATERI CUACA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS RENDAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi sains siswa yang menggunakan media animasi wayang sukuraga pada pembelajaran IPA materi cuaca lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan literasi sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan design dengan populasi penelitian 2 kelas yang diambil dari kelas rendah A dan BÂ di SDN Hegarmanah Sukabumi. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen test. Berdasarkan uji prasyarat data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal maka, dilakukan uji lanjutan yaitu uji t dua sampel independen. Ada perbedaan yang signifikan terhadap literasi sains siswa siswa, ini dibuktikan dengan uji t dua sampel independen maka penelitian ini menolak H0 dan menerima H1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa literasi sains siwa yang menggunakan media animasi wayang sukuraga lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Terjadi peningkatan literasi sains siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media animasi wayang sukuraga pada materi cuaca.
References
Agustin, I., & Wiratama, N. A. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi. … Pembelajaran Sekolah Dasar.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. In Rineka Cipta.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2012). The Basic of Educational Research. In How to design and evaluate resaerch in education with PowerWeb.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Unpublished.[Online] URL: Http://Www. Physics. Indiana. Edu/~ Sdi/AnalyzingChange-Gain. Pdf.
Sari, M. K., Rulviana, V., Suyanti, S., Budyartati, S., & Rodiyatun, R. (2019). Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Pada Siswa Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Elementary School Education Journal.
Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuatintatif , kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Toharudin, U. et al. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. In Humaniora.
Yandari, I. A. V., & Kuswaty, M. (2017). Penggunaan Media Monopoli Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1037
Yuriza, P. E., Adisyahputra, & Sigit, D. V. (2018). Hubungan antara Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Tingkat Kecerdasan dengan Kemampuan Literasi Sains pada Siswa SMP. BIOSFER Jurnal Pendidikan Biologi.
Authors
Copyright (c) 2022 Ratu Fakhira Putri, Astri Sutisnawati, Irna Khaleda Nurmeta, Irmawati Martiningsih, Lisdianingsih Lisdianingsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.