Elektrifikasi Kapal Nelayan DI daerah Camplong

Isi Artikel Utama

muhammad mustain
anauta lungiding
helmy syahirul

Abstrak

Ketergantungan nelayan akan penggunaan bahan bakar fosil masih sangat tingi. Ketersediaan bahan bakar fosil di Indonesia diprediksi tidak lebih dari 12 tahun. Masalah tersebut bisa teratasi jika para nelayan itu beralih menggunakan mesin penggerak kapal mereka dari motor bakar dengan motor listrik. Penelitian yang dilakukan didaerah Sampang kali ini, dikhususkan kapal jenis jukung dan disebut sebagai kapal modus oleh masyarakat Sampang. Dengan menghitung ulang kebutuhan daya motor pengerak secara matematis, didapatkan kebutuhan kapal yang baru. Penggerak yang digunakan adalah motor listrik DC, sedangkan supply daya motor didapatkan dari baterai. Dengan melakukan perhitungan analisa, parameter jarak pelayaran serta kecepatan kapal, didapatkan kebutuhan daya baterai. Agar baterai yang digunakan [1] tidak besar, maka akan didisain sistem charging apung.  Dari hasil penelitian didapatkan daya motor listrik dan baterai yang dibutuhakan kapal, serta rencana disain charging apung untuk melakukan pengecasan baterai di tengah laut, sesuai dengan jarak pelayan dari para nelayan. Dari hasil perhitungan didapatkan daya motor listrik yang dibutuhkan kapal adalah 5 HP pada kecepatan maksimum 8 knot. Dengan kebutuhan baterai adalah 1 unit baterai untuk menuju ke fishing ground sejauh 12 mil.

 

Kata kunci : Kapal nelayan; Kapal Jukung; Kapal listrik; charging apung; Camplong Sampang

Rincian Artikel

Referensi

  1. K. ESDM, "Data Cadangan Minyak Indonesia," Kementrian ESDM, Jakarta, 2016.
  2. E. R. Putri, "Perancangan dan Implementasi Pembangkit Tenaga Ombak Laut Menggunakan Sistem Generator DC untuk Pengisian Baterei di Perahu Nelayan," Proceeding Of Engineering: Vol 3, No.1, , p. Universitas Telkom Bandung, 2016.
  3. Baheramsyah, Sardono and Mustain, "Analisis Teknis Perancangan Floating Recharge untuk Kapal Nelayan di Daerah Camplong Sampang,," in Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi IX, Surabaya, 2009.
  4. I. Endro, "Penggunaan Motor Listrik DC sebagai Alternatif Penggerak Kapal Ikan," Tugas Akhir Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Surabaya, 2007.
  5. P. AI, "Perancangan Kincir Angin sebagai Pengisi Baterai pada Kapal Ikan 5 GT berpenggerak Motor DC," Tugas Akhir Institut Teknologi Sepuluh Nopember , Surabaya, 2007.
  6. S. K, "Desain RMI (Recharge Motor Indonesia) untuk kapal nelayan," Radar Bromo Jawa Pos, Surabaya, 2008.
  7. M. Urip, "Penentuan Kapasitas dan Alternatif Sistem Pengisian Baterai pada Propulsi Elektrik Kapal Selam," Tesis Pascasarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2003.