Analisa Fatigue Pada Controllable Pitch Propeller menggunakan Software Ansys

Isi Artikel Utama

mohammad mizan Firmansyah
dwi setiono

Abstrak

Propeller adalah salah satu bagian kapal yang digerakkan oleh mesin, yang mempunyai fungsi untuk mendapatkan gaya dorong bagi laju kapal sehingga  propeller harus mampu menahan gaya-gaya yang bekerja pada blade akibat beban hidrodinamik. Masalah pada KMP. SALINDO MUTIARA 1 ini sering mengalami kerusakan pada bagian penghubung antara blade dan propeller hub. Propeller sering mengalami kelelahan/aus dibagian hub propeller. Kerusakan seperti ini terjadi setiap tahun pada KMP. SALINDO MUTIARA 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui umur fatigue life dan hotspot stress yg dialami propeller pada saat beroperasi dan saat pitch mengalami perubahan sudut pitch dengan ukuran paling kecil sudut 10°, menengah sudut 15°, dan terbesar sudut 20°. Berdasarkan analisa simulasi CFD yang mendapatkan maximmum pressure adalah pitch 200 sebesar 191.386 Kpa, pada pitch 150 sebesar 167 Kpa dan yang mendapatkan pressure terendah adalah pitch 100 sebesar 135 Kpa. Dari simulasi Ansys static Structure mendapatkan nilai Stress pada pitch 20o dengan nilai terbesar 30 MPa, pada pitch 150 adalah sebesar 28,725 Mpa dan yang terendah adalah 10o adalah 27.8 Mpa. Bagian propeller mengalami hotspot stress adalah bagian depan (face). Setelah didapat semua nilai siklus dan stress, dapat dilakukan perhitungan fatigue life. Diketahui bahwa umur fatigue life  pada pitch 10o,15o,20o adalah 31,30,28 tahun.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Araujo, L. S. et al. (2014) ‘Failure of a concentric pipe for a controllable pitch propeller system’, Journal of Failure Analysis and Prevention, 14(1), pp. 55–60. doi: 10.1007/s11668-013-9761-7.
  2. Firmansyah, A. D., Santoso, A. and Djatmiko, E. (2012) ‘Perancangan Controllable Pitch Propeller Pada Kapal Offshore Patroli Vessel 80 (OPV80)’, Jurnal Teknik ITS, 1(1), pp. G230–G235.
  3. Forsyth, C. (2005) ‘Restorative materials.’, Dental update, 32(2), pp. 350–360.
  4. Hardianto, L. F. and Winarno, A. (2019) ‘Analisa Aliran Air Pada Controllable Pitch Propeller (Cpp) Kapal Offshore Patroli Vessel 80 (Opv80)’, Prosiding Seminakel, pp. 1–9. Available at: http://prosidingseminakel.hangtuah.ac.id/index.php/ps/article/view/155.
  5. International, A. (1998) ASM Handbook Vol 15. 9th Editio. ASM International.
  6. Kurniawan. A (2015) Kelelahan Pada Blade Kompresor. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  7. Nur, A. S. M. (2018) Perancangan Mesin-Mesin Industri.
  8. Prodjosoewito, B. D. (2017) ‘No Title’, in Teknologi reparasi Motor Kapal. Surabaya. Surabaya.
  9. Rahmatullah, R. and Ahmad, R. (2018) ‘Analisa Pengujian Lelah Material Bronze Dengan Menggunakan Rotary Bending Fatigue Machine’, Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 1(1), pp. 1–11. doi: 10.30596/rmme.v1i1.2430.
  10. Ridho M, Zakki Fauzan Ahmad, manik P. (2015) ‘Fatiguepropeller tugboat’, 3(1), pp. 110–117.
  11. ]Rules, C. S. (2014) ‘Bulk Carriers and Oil Tankers 1’.
  12. Sagala, R. dan (2016) ‘Landasan Teori’, Landasanteori.Com, (2012), pp. 1–17. Available at: http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-kreativitas-definisi-aspek.html.
  13. Salam, H. A. H. (2017) ‘Jurnal teknik perkapalan’, 5(1), pp. 243–252.