IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SASTRA HIJAU SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

Yuliani Yuliani (1), Ali Nuke Affandy (2), R. Panji Hermoyo (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Uniersitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Uniersitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Implementasi project based learning dalam keterampilan menulis cerpen sastra hijau siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surabaya bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model project based learning dalam pembelajaran dan hasil cerpen sastra hijau siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi jenis the embedded design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Sedangkan sampelnya adalah kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 6, diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi model project based learning terdiri atas: a) penentuan proyek menulis cerpen sastra hijau; b) perancangan langkah-langkah penyelesaian cerpen; c) penyusunan jadwal; d) penyelesaian cerpen; e) presentasi; dan f) evaluasi. Cerpen sastra hijau karya siswa memenuhi kriteria: a) penggunaan diksi ekologis; b) perasaan terluka atas kehancuran bumi; c) upaya membebaskan bumi dari kehancuran; d) cerita cinta terhadap bumi; dan e) perlawanan atas kesewenangan terhadap bumi. Kegiatan monitoring yang dilakukan memengatuhi cerpen siswa. Semakin aktif siswa mengikuti monitoring, semakin baik pula cerpen sastra hijau yang dihasilkan. Dengan demikian, project based learning tepat diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen sastra hijau pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

Referensi

Read More

Penulis

Yuliani Yuliani
14litlecandle@gmail.com (Kontak utama)
Ali Nuke Affandy
R. Panji Hermoyo

Rincian Artikel