Pengaruh Due Professional Care, Kompetensi, Dan Independensi Terhadap Kualitas Audit (Studi Pada Kantor Inspektorat Se-Madura)

Penulis

  • Maurena Ayu Afristia Universitas Wiraraja
  • Arief Hidayatullah Khamainy Universitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.30651/stb.v3i1.15550

Kata Kunci:

due professional care, kompetensi, independensi, kualitas audit.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang sejauh mana (1) pengaruh due professional care, (2) pengaruh kompetensi terhadap kualitas audit, (3) pengaruh independensi terhadap kualitas audit, kualitas audit pada kantor Inspektorat di 4 kabupaten wilayah Madura. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor internal pemerintahan yang bekerja di Inspektorat Kota Sumenep, Pamekasan Sampang, dan Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dalam bentuk survei dengan menggunakan kusioner. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sampel jenuh yaitu dengan menjadikan semua sampel menjadi responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan mengambil data secara langsung ke lapangan. Dari 100 kuesioner yang tersebar, 30 kuesioner tidak kembali atau tidak diisi, sehingga kuesioner yang dapat diproses hanya 70 kuesioner. Penyebaran kuesioner dimulai tanggal 25 Mei 2022 sampai tanggal 25 Juni 2022. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik yaitu analisis regresi berganda dengan menggunakan alat uji atau aplikasi statistik yaitu Statistic Package for Social Sciences (SPSS) versi 25. Hasil dari penelitian ini yaitu variabel due professional care berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, variabel kompetensi tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit, dan variabel independensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.

Referensi

Al-Hadrami, Abdullah. Ahmad Rifiki. Adel Sarea. The Impact of an Committe’s Independence and Competence on Investment Decision: a study in Bahrain. Asian Journal of Accounting Research Vol. No.2, (2020)

Anjali, Andini. Jenny Morasa. Stanley Kho Walandow. Peran Auditor Internal Dalam Mewujudkan Kepatuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Di Bidang Penatausahaan Keuangan Pada Kantor Inspektorat Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Riset Akuntansi 15(4), 2020, 527-533.

Bakar, et al., Factors Influencing Auditor Independence: Malaysian Loan Officers’ Perceptions, Managerial Auditing Journal, Departement Of Accounting Faculty of Economics And Management Sciences International Islamic University Malaysia, Kuala Lumpur, 2005.

DeAngelo, Linda Elizabeth. Auditor Size and Audit Quality. Journal of Accounting & Economics, 1981.

Faturrachman, Tb. Aman. Angga Nugraha. Pengaruh Due Professional Care Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung.Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 3 (1), 2015, 562-571.

Febriyanti, Reni. PengaruhIndependensi, Due Professional Care Dan AkuntabilitasTerhadapKualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Kota Padang Dan Pekanbaru), Skripsi, Universitas Negeri Padang. 2014.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Edisi 3. BP Undip. Semarang. 2013.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. BP Undip. Semarang. 2018.

Ilham, Muhammad. Wayan Rai Suarthana. Sigit Edi Surono. Pengaruh Kompetensi, Integritas, dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Inspektorat Kota Bogor). Vol 5 No. 1 (2018).

Indrayati. Sumiadji. Jaswadi. Implementing Public Accountant Professional Standards to Improve Audit Quality in Public Accountant Firms in East Java, Indonesia. International Journal of Finance & Banking Studies Vol. 11 No. 1, (2022).

Kertarajasa, Astro Yudha. Taufiq Marwa. Tertiarto Wahyudi. The Effect of Competence, Experience, Independence, Due Professional Care, and Auditor Integrity On Audit Quality With Auditor Ethics As Moderating Variabel. Journal of Accounting, Finance, and Auditing Studies 5/1 (2019) 80-99.

Khurun In, Agytri Wardhatul. Nur Fadjrih Asyik. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi.Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol.8 No.8 (Agustus) 2019.

Luthans, Fred. Perilaku Organisasi Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Penerbit Andi, (2005).

Luthans, Fred. Organizational Behavior 10th edition. New York: McGraw Hill International Editions, (2005).

Mardijuwono, Agus Widodo. Charis Subianto. Independence, Profesionalism, Professional Sceptism The Relation Toward the Resulted Audit Quality. Asian Journal of Accounting Vol.3 No.1, 2018.

Novia Eka. PengaruhKompetensi, Independensi, dan Due Professional Care terhadapkualitas audit (studiempiris pada kantorakuntanpublik DKI Jakarta dan Tanggerang. Skripsi. 2015

Peraturan Menteri Dalam Negeri No.64 Tahun 2007, Pedoman Teknis Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Jakarta.

Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia hal. 17 No. 17, Jakarta

Sugiyono. Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. 2017

Sugiyono. Metode PenelitianKombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, CV. 2018

Wooten, T.G. It is Impossible to Know the Number of Poor-Quality Audits That Simply Go Undected and Unpublicized. The CPA Journal. (2003). p. 48-51.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-29