PENGUATAN PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Agustinus Tanggu Daga (1)
(1) Primary School Teacher Education Study Program, College of Teacher Training and Education, Weetebula, Sumba, Indonesia, Indonesia

Abstract

Guru memiliki peran yang penting dalam kebijakan merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kebijakan merdeka belajar, landasan filosofis merdeka belajar, dan peran guru dalam implementasi merdeka belajar di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis konten. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kebijakan merdeka belajar meliputi yaitu ujian sekolah berstandar nasional, ujian nasional diubah menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter, penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, penerimaan peserta didik baru dengan  zonasi diperluas;  (2) landasan filosofi merdeka belajar meliputi progresivisme, konstruktivisme, humanisme, filosofi antropologis, dan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara; (3) peran guru dalam merdeka belajar sangat bervariasi  meliputi pengelola kelas, fasilitator, motivator, demonstrator, mediator, evaluator, untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional. Untuk mengoptimalkan peran guru dalam merdeka belajar maka diperlukan pelatihan membuat perangkat dan praktek pembelajaran berbasis merdeka belajar bagi guru, pengembang kurikulum di sekolah perlu menterjemahkan program merdeka belajar secara konkrit agar mudah dipahami dan dijalankan oleh  guru, pihak sekolah mendorong dukungan dari berbagai stekholder, mendorong penelitian dan  publikasi tentang merdeka belajar di sekolah dasar.

 

References

Read More

Authors

Agustinus Tanggu Daga
agus_daga@yahoo.com (Primary Contact)
Daga, A. T. (2022). PENGUATAN PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 1–24. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.9120

Article Details