Peningkatan Sikap Demokratis dan Prestasi Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) pada Tema 8 Kelas IVA SD Muhammadiyah Purwokerto

Authors

  • Hafidzah Lulus Ujipriyati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Muryaningsih Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tri Yuliansyah Bintaro Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3117

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap demokratis dan prestasi belajar pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku melalui model pembelajaran Group Investigation (GI). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IVA berjumlah 22 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi sikap demokratis dan angket sikap demokratis. Hasil angket sikap demokratis pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,24 dengan kategori baik dan meningkat ke siklus II sebesar 3,42 dengan kategori sangat baik. Peningkatan ini juga didukung dengan hasil observasi sikap demokratis peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 57% dengan kategori cukup dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 81% dengan  kriteria sangat baik. Prestasi belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 72,68 dengan persentase ketuntasan sebesar 66% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 79,69 dengan persentase ketuntasan sebesar 81% dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan sikap demokratis dan prestasi belajar peserta didik di kelas IVA SD Muhammadiyah Purwokerto.

Kata Kunci: Sikap Demokratis, Prestasi  Belajar, Model Pembelajaran Group Investigation (GI)

Abstract: This research aimed to improve the students' democratic behavior and learning achievement on theme 8 about Area of My Living Place through Group Investigation learning model. The subjects of this research were 22 fourth graders from Class A. The instruments of this research were evaluation test, observation sheets of teacher's and students' activity, observation sheet and questionnaire of students' democratic behavior. The result of democratic behavior questionnaire in cycle I showed that the average score was 3.24 which belonged to good and improved to 3.42 in cycle II which belonged to very good.  This improvement was also supported by the observation result of students' democratic behavior in cycle I whose average score was 57% which belonged to fair and improved to 81% in cycle II which belonged to very good. The average score of students' learning achievement in cycle I was 72.68 with 66% of completeness that belonged to good and improved to 79.69 with 81% of completeness that belonged to very good. It could be concluded that Group Investigation learning model was able to improve the students' democratic behavior and learning achievement in Class IV A of SD Muhammadiyah Purwokerto.

Keywords: Democratic Behavior, Learning Achievement, Group Investigation Learning Model

References

Ayun, A, F. 2016. Pendidikan Karakter Demokratis di Kelas IVA SD Negeri 1 Jampiroso Temanggung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar vol 5 No 25.2461-2469.

Arikunto, S ,dkk .2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arsy, H. I., Prasetyo, A. P. B., & Subali, B. (2019). Predict-Observe-Explain Strategy with Group Investigation Effect on Students’ Critical Thinking Skills and Learning Achievement. Journal of Primary Education, 9 (1), 75-83.

Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran . Bandung : Remaja Rosdakarya.

Baki, A. etc.2010.The Application of Group Investigation Technique: The Views of the Teacher and Students. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education Vol.1 No.2 166-186.

Kementrian Pendidikan Nasional .2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Jakarta: Kemendiknas.

Mulyasa, E. 2013 . Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mustari, M. 2014. Nilai Karakter : Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Pranata, E. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Journal Pendidikan Matematika Indonesia, Vol 1 No 1. 34-38.

Slavin, R. E . 2008. Cooperative Learning . Bandung : Nusa Media.

Published

2019-08-31

Issue

Section

Artikel