PENGARUH MEDIA POWER POINT DENGAN SLIDE VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhaimin Muhaimin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nini Ibrahim Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i1.14067

Abstract

Tercapainya pembelajaran yang berhasil adanya proses pembelajaran yang kaitannya sangat erat dengan siswa, guru, dan media pembelajaran. Peneliti melakukan observasi dan ditemukannya sebuah masalah yaitu rendahnya keterampilan membaca siswa pada teks percakapan sehingga siswa mengalami kesulitan dan kurangnya kreatifitas dalam menjawab pertanyaan sebagai hasil dari membaca teks percakapan. Tujuan atas penelitian ini yaitu buat mengetahui pengaruh media Power Point dengan Slide Video pada hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III. Jenis penelitian ini ialah Kuantitatif Eksperimen bermetode Quasi Eksperimen Desain memakai Posttest-Only Control Design serta sampel berjumlah 64 siswa yang dimana grup eksperimen 32 siswa dan grup kontrol 32 siswa. Instrumen soal diuji valid dengan menggunakan korelasi Point Biserial. Peneliti menggunakan analisis data yaitu memakai uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent t-test menunjukkan bahwa skor t hitung yang diperoleh dari analisis data SPSS yaitu menghasilkan 0,000. Untuk itu 0,000 16<">  0,05. Bahwa 16H0">  ditolak dan 16Ha">  diterima bisa diketahui uji-t tersebut memiliki interprestasi yang sangat rendah. Peneliti menyimpulkan terdapat pengaruh media Power Point dengan Slide Video pada hasil belajar Bahasa Indonesia tema cuaca siswa kelas III SDN Tanjung Priok 04 Jakarta.

References

Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814

Fajrin, N. D., Zainuddin, M., & Gipayana, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Berbasis PIRLS Berbantuan Media Powerpoint Interaktif di SD. Prosiding 2017, 396–401.

Fitrah, A., Yantoro, & Hayati, S. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(2), 2943–2952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1), 2175–2182. https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941

Herlina, P., & Saputra, E. R. (2021). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207 ISSN

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran PT.Interkom Mobilindo Padang. 01(01), 57–66.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43–48. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri, 26(1), 21–32.

Nasib, S. K., Kaluku, A., & Abdullah, A. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Power Point Berbasis Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 75–82. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7325

Nurbaiti, Y., & Hasangapan Mikkael Napitupulu, R. (2020). Pengadministrasian Job Description Karyawan Menggunakan Aplikasi HCIS (Human Capital Information System) Di PERUM PERUMNAS. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, 5(1), 73–85.

Nuryasana, E. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 72–80.

Pera Aprizal, A. (2021). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. 2(2), 87–93.

Pramana, M., & Wibowo, B. K. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Calon Sekretaris. ELESTISITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Ilmu Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(2), 99–105.

Purwati. (2016). Peningkatan Kompetensi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Percakapan Melalui Metode PQRST Siswa Kelas VI SDN Ngastorejo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, III(1), 43–52.

Putri, H. P., & Nurafni. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543.

Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257–265. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140

Rahmanto, Y., Farhan Randika, M., Ulum, F., & Priyopradono, B. (2020). Aplikasi Pembelajaran Audit Sistem Informasi Dan Tata Kelola Teknologi Informasi Berbasis Mobile. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 62–67. https://doi.org/10.33365/jtk.v14i2.723

Siregar, P. R., & Bahri, S. (2021). Pengembangan Media Teks Percakapan Dengan Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 066668 Medan Johor. Journal Research and Education Studies, 2(3), 1–11.

Suminar, R. P. (2016). Pengaruh Bahasa Gaul terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Unswagati. Logika, 18(3), 114–119. www.jurnal.unswagati.ac.id

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Audiovisual Berbantuan Power Point Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1587–1593.

Published

2023-03-08

Issue

Section

Artikel