PENGARUH MEDIA FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Retno Juliani Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka
  • Nini Ibrahim Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i1.14065

Abstract

Membaca teks cerita merupakan materi pelajaran yang dipelajari kepada siswa kelas IV Teks cerita yang disukai anak biasanya di sebut dengan teks cerita fiksi. Walaupun pada umumnya siswa menyukai teks cerita fiksi tetapi masih ada siswa kurang minat dalam membaca teks cerita fiksi, dikarenakan rendahnya keterampilan membaca dan menangkap isi bacaan, rendahnya hasil belajar, kurangnya motivasi dalam meningkatkan minat membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh media Flipbook pada hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV dengan menggunakan metode penelitian “Kuantitatif Eksperimen†type “Quasi Eksperimental (eksperimen semu)†menggunakan bentuk design “Posttest Only Control Groupâ€. Populasi yang menggunakan semua siswa kelas IV, dengan keseluruhan 60 siswa. Dengan prosedur Teknik sampel Non Probability Sampling memakai  kelas eksperimen IVA memakai 30 siswa dan kelas kontrol IVB menggunakan 30 siswa. Dalam memperoleh informasi hasil belajar menggunakan jenis soal pilihan ganda yang baru-baru ini diujicobakan valid dengan rumus korelasinya serta menggunakan SPSS 25. Pengolahan informasi dengan memakai uji validitas , uji homogenitas dan uji t bebas. t hitung diperoleh dari hasil analisis data SPSS yaitu sebesar 0,000. Sedangkan untuk nilai t tabel 0,05. Maka diperoleh hasil 0,000 16<0,05 "> sehingga Ho ditolak dan H1 diterima dapat diketahui pada uji-t tersebut memiliki interpretasi yang sangat rendah. Dapat ditarik inti explorasi ini yaitu terdapat pengaruh media Flipbook kepada hasil belajar bahasa Indonesia tema “Daerah Tempat Tinggalku†siswa kelas IV di SDN Tanjung Priok 04 Jakarta.

References

Ali, muhammad. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Jurnal PAUD, 3(1), 35–44.

Aprilia, T., Sunardi, & Djono. (2017). Penggunaan Media Sains Flipbook dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 15(02), 74–82.

Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Generasi Milenial Di Era Industri 4.0. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 247–251.

Bagja Sulfemi, W., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2), 1–19.

Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Jurnal Institut Pendidikan, 1(1), 31–42.

Marlina, L., & Sholehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74.

Masitoh, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. Jurnal Belaindika :Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 4(1), 21–27.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pinasti, I. I., Rohmadi, M., & Rakhmawati, A. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 ( Studi Kasus Pembelajaran Teks Ulasan Cerpen Di Kelas Viii Smp Negeri 2 Ngawi ). Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 155–167. https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37711

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 148–167.

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setiadi, M. I., Muksar, M., & Suprianti, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu …, 5(4), 1067–1075. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2542

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Ulandari, Ariyati, E., & Titin. (2018). Pengaruh Flash Flipbook terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(12), 1–10.

Ul’fah Hernaeny, M. Pd. "Populasi Dan Sampel." Pengantar Statistika 1 (2021): 33.

Wahid, abdul. (2020). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar (The. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 5(1), 171. https://pps.iiq.ac.id/jurnal/index.php/MISYKAT/article/view/52

Wardhani, R., Yuridka, F., & Arsyad Al Banjari, M. (2019). Pengaruh Media Flipbook Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid The Effect of Flipbook Media on Student Learning Outcomes in Colloidal Material. Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 2(2), 22–25.

Wardhany, R. O., & Indihadi, D. (2021). Analisis Tulisan Teks Deskripsi Peserta Didik melalui Pengalaman Membaca Cerita Fiksi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 575–583.

Zakaria, P. R. A., & Harun, M. (2019). Analisis Unsur Cerita Fiksi Anak Putri Kaul Karya Herman RN dan Putri Betung & Gajah Putih Karya Rismawati. Jurnal Master Bahasa, 7(2), 364–374.

Published

2023-03-08

Issue

Section

Artikel