PENGEMBANGAN ACTIVITY BOOK BERBASIS STEAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ABAD 21 DI KELAS 1 SD

Ratnasari Ratnasari, Karinta Utami, Dewi Rahayu, Karlimah -, erwin Rahayu saputra

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan activity book berbasis STEAM sebagai media pembelajaran kelas 1 sekolah dasar pada tema “Diriku” serta mengevaluasi kelayakanya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development Model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Populasi penelitian ini adalah 13 siswa kelas 1 di sekolah dasar negeri yang ada di Kabupaten Ciamis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah data respon validator maupun pengguna dengan menggunakan rating scale dengan skala 5, kemudian dikonversi menjadi data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli menunjukan media activity book berbasis STEAM layak digunakan. Selain itu hasil persepsi peserta didik terhadap media ini menunjukan nilai yang tinggi.Maka dapat disimpulkan bahwa activity book berbasis STEAM yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar pendukung dalam pembelajaran tema “Diriku” pada jenjang kelas 1 SD.

References

Afifah, A. N., Parinduri, S. K., Masyarakat, K., Kesehatan, F. I., Ibn, U., Bogor, K., … Anak, K. P. (2022). Strategi Menghilangkan Kejenuhan Anak SD. Jurnal Program Mahsiswa Kreatif, 6(1).

Amelia, W., & Marini, A. (2022). Urgensi Model Pembelajaran Science , Technology , Engineering , Arts , And Math (STEAM) Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 291–298.

Dalimunthe, E. M., & Ihsan, M. (2021). Penerapan Teori Belajar Jean Piaget Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 101115 Sihaborgoan. ITTIHAD, 15–18.

Haifaturrahmah, Hidayatullah, R., Maryani, S., & Nurmiwati. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310–318.

Mu’min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Anak Piaget. Jurnal Al Ta’dib, 6(1), 89–99.

Nurhasanah, A., & Ms, Z. (2021). Penerapan Pembelajaran Inovatif STEAM di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 204–211.

Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3. Madaniya, 1(3), 140–146.

Psycharis, S. (2018). STEAM In Education : A Literature Review On The Role Of Computational Thinking , Engineering Epistemology And Computational Science . Computational Steam Pedagogy ( CSP ). Scientific Culture, 4(2), 51–72. https://doi.org/10.5281/zenodo.1214565

Putra, Z. H. (2020). Pembelajaran interdisiplin di sekolah dasar. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 5(1).

Rahmawati, D., Jannah, N., Ragil, I., & Atmojo, W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Basicedu, 6(1), 1064–1074.

Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basic Edu, 5(5), 4334–4339.

Santrock, J. W. (2014). Child Development (14th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Shatunova, O., Anisimova, T., Sabirova, F., & Kalimullina, O. (2019). STEAM as an Innovative Educational Technology. Journal of Social Studies Education Research, 10(2), 131–144.

Utami, K., Apriliya, S., & Saputra, E. (2022). The Urgency of Digital Literacy and Ethics for Parents in Educating Children in the Digital Age. Jurnal Kependidikan, 8(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v8i1.4605


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v7i1.13673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.