PENERAPAN METODE MURAJA’AH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAH PENDEK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eka Danik Prahastiwi institut studi islam muhammadiyah pacitan
  • Dedi Dwi Cahyono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Gandung Adhi Wibawa STKIP PGRI Pacitan
  • Septyana Tentiasih institut studi islam muhammadiyah pacitan
  • Rudi Ruhardi institut studi islam muhammadiyah pacitan
  • Ismail Ismail Institut Studi islam Muhammadiyah pacitan
  • Kabul Suprayitno Institut Studi islam Muhammadiyah Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i1.13495

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup manusia yang harus dipelajari dan difahami oleh seluruh umat muslim di muka bumi. Mereka yang bisa menghafalkan Al-Qur’an  akan mendapatkan kemuliaan didunia maupun di akhirat. Usia sekolah dasar merupakan waktu yang tepat untuk mengajarkan peserta didik menghafalkan Al-Qur’an  mulai dari surat-surah pendek. SD IIC merupakan sekolah Islam yang terletak di Kabupaten Pacitan yang menerapkan  metode muroja’ah untuk membantu peserta didik menghafalkan surah surah pendek dalam Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif . Pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode muraja’ah membantu peserta didik mencapai target hafalan yang telah diprogramkan oleh sekolah, membantu peserta didik menghafalkan Al-Qur’an dengan baik, dan benar sesuai makhraj dan tajwidnya. Setelah diterapkannya metode muroja’ah hafalan peserta didik menjadi lancar fashih, tartil dan mampu menambah hafalan surah pendek dengan cepat.

References

Abd. Basir, Penerapan Metode Hafalan Surah-Surah Pendek Pada Siswa Sdn Sidomulyo 2 Kecamatan Wanaraya Kabupaten Batola

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam,(Bandung, Rosdakarya, 1995), h.9

Al-Hafidz, Ahsin W., Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Bumi Aksara,

Anggito Abil dan Setiawan Johan. 2018. Metode Penelitian Kualitiatif. Cet, I; Sukabumi: CV Jejak.

Daud Ali dan Habibah Daud, Lembaga-lembaga Pendidikan Islam Islam Indonesia, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1987),h.161

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Haryanti, Prahastiwi Danik 2021,: “Perubahan Dan Perkembangan Organisasi, Stress Sertahubungannya Dengan Kinerja Guru Paud. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusian: Vol. 5 No. 2 Oktober 2021

Ismuratno Irwan, Prahastiwi Danik dan Hamdani Khusnul, 2021, ‘Implementasi Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di Lembaga Sekolah Dasar Islam Insan Cendekia Pacitan: Jurnal ilmiah “Kreatif†Vol 19 No.1 Januari 2021’

Majdi Ubaid, 9 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur’an, (Solo: PT. Aqwam Media Profetika, 2014)

Muhammad Idris Marbawi, Kamus Idris Marbawi, (t.tp:Darul Ahya, t.th)h. 140

Nur Uhbiyati, Ilmu Penddikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 1999), h. 99

Prahastiwi Danik, 2001,Hubungan antara Jenjang Pendidikan Keluargan dan Intensitas Interaksi Sosial Terhadap Pembangunan Fisik Desa Sendang Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitaâ€n: digilib.uns.ac.id

Sa’dullah, 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani, 2008

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi belajar mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000), h. 76

Sujanto, Agus, Psikologi Umum, Jakarta: Aksara Baru, 1983Umar Al-faruq, 10 Jurus Dahsyat Hafal Al-Qur’an, (Surakarta: Ziyad Books, 2014),

Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama Islam dan Bahasa Arab,

(Jakarta, Grafindo Persada, 1995), h. 1

Yahya Abdul Fattah Az-Zawawi. Revolusi Menghafal Al-Qur’an. (Solo: Insan

Kamil, 2010)

Published

2023-04-04

Issue

Section

Artikel