UPAYA PERENCANAAN KURIKULUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN ABAD 21 SISWA DI SD N INPRES KALA TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Amikratunnisyah Amikratunnisyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Andi Prastowo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v7i1.13397

Abstract

Saat ini kurikulum 2013 masih digunakan di berbagai sekolah dasar di Indonesia. Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini didesain untuk mampu mendorong perkembangan dan potensi yang dimiliki siswa sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai serta tuntutan pendidikan abad 21. Namun, beberapa sekolah salah satunya adalah SDN Inpres Kala dirasa belum mampu beradaptasi sepenuhnya dengan kurikulum 2013 tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum 2013 dalam menumbuhkan kemampuan abad 21 siswa dengan model pembelajaran tematik di SD N Inpres Kala pada semester genap 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan guru bidang studi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif bersifat induktif dimana proses analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan kurikulum dengan model pembelajaran tematik di SD N Inpres kala sudah diupayakan untuk menumbuhkan kemampuan abad 21 siswa, mulai dari perencanaan kurikulum 2013 hingga pada perencanaan model pembelajaran tematik oleh kepala sekolah dan guru. Namun, perencanaan kurikulum tersebut belum mampu menumbuhkan keterampilan siswa abad 21 dengan maksimal. Hal ini disebabkan beberapa faktor, kurangnya keterampilan guru kelas dalam menguasai pembelajaran berbasis teknologi informasi, lingkungan belajar siswa, dan kekurangan ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah penunjang perencanaan kurikulum.

Author Biographies

Amikratunnisyah Amikratunnisyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Andi Prastowo, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Dosen pendidikan guru madrasah ibtidaiyah

References

Alawiyah, Farida. 2013. “Peran Guru dalm Kurikulum 2013.†Aspirasi 4(1):65–74. doi: https://doi.org/10.46807.aspirasi.v4i1.480.

Ali, Nur. 2014. “Supervisi Pembelajaran dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 dengan Multiple Intellegences dan Emotional Intelligence pada Madrasah Ibtidaiyah.†MADRASAH 7(1):163–12.

Andrian, Yusuf, dan Rusman. 2019. “Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013.†Jurnal Penelitian Ilmu Penddikan 12(1). doi: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116.

Fajri, Karima Nabila. 2019. “Proses Pengembangan Kurikulum.†Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 1(2):35–48.

Hamalik, Oemar. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayati, Wiji, Syaefudin, dan Umi Muslimah. 2021. Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Konsep dan Strategi Pengembangan). Yogyakarta: Semesta Aksara.

Istiqomah, Novita, dan Andi Prastowo. 2022. “Analisis Pendekatan Saintifik dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik di SD/MI.†Jurnal Pedagogos: Jurnal Pendidikan STKIP Bima 4(1):7–12. doi: https://doi.org/10.33627/gg.v4i1.648.

Julaeha, Siti, Eri Hadiana, dan Qiqi Yulianti Zaqiah. 2020. “Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum.†Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(1):1–26. doi: https://doi.org/10.1212/mj.v2i01.5338.

Prastowo, Andi. 2018. “Transformasi Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Menuju Kurikulum 2013 Hingga Kurikulum Ganda).†JIP: Jurnal Ilmiah PGMI 4(2):111–25.

Putra, I. G. D., I. G. Margunayasa, dan P. N. Riastini. 2016. “Analisis Kesenjangan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SDN 4 Kampung Baru Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.†MIMBAR PGSD 4(2). doi: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7645.

Radar Kaltara. 2018. “Terungkap, Masih BAnyak Sekolah Belum Terapkan K-13.†JPPN.Com.

Rosnaeni. 2021. “Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21.†Jurnal Basicedu 5(5):4334–39.

Roziqin, Zainur. 2019. “Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul.†As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1):44–56. doi: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.161.

Rusdiana, dan Elis Ratnawulan. 2022. Manajemen Kurikulum: Konsep Prinsip dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Arsad Press.

Rusman. 2018. “Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Studi tentang Best Practice yang dilakukan Guru Sekolah Dasar dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Kurikulum 2013.†AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10(2):135–48.

Saufi, Akhmad, dan Hambali. 2019. “Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul.†Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(1):29–54.

Sormin, Darliana. 2019. “Perencanaan Kurikulum Pendidikan Islam di MI Ter[adu Mutiara Kota Padangsidimpuan.†ITTIHAD 3(2):105–16.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Sukamadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syafaruddin. 2015. Manajemen Organisasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Uliatunida, Nida. 2020. “Perencanaan Kurikulum untuk Mencapai Tujuan Pendidikan.†MEDIKOM : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Dakwah 2(1).

Widyanto, I. Putu, dan Endah Tri Wahyuni. 2020. “Implementasi Perencanaan Pembelajaran.†Satya Sastraharing 4(2):16–35.

Published

2023-03-08

Issue

Section

Artikel