UPAYA PERENCANAAN KURIKULUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN ABAD 21 SISWA DI SD N INPRES KALA TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
References
Alawiyah, Farida. 2013. “Peran Guru dalm Kurikulum 2013.†Aspirasi 4(1):65–74. doi: https://doi.org/10.46807.aspirasi.v4i1.480.
Ali, Nur. 2014. “Supervisi Pembelajaran dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 dengan Multiple Intellegences dan Emotional Intelligence pada Madrasah Ibtidaiyah.†MADRASAH 7(1):163–12.
Andrian, Yusuf, dan Rusman. 2019. “Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013.†Jurnal Penelitian Ilmu Penddikan 12(1). doi: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116.
Fajri, Karima Nabila. 2019. “Proses Pengembangan Kurikulum.†Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 1(2):35–48.
Hamalik, Oemar. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayati, Wiji, Syaefudin, dan Umi Muslimah. 2021. Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Konsep dan Strategi Pengembangan). Yogyakarta: Semesta Aksara.
Istiqomah, Novita, dan Andi Prastowo. 2022. “Analisis Pendekatan Saintifik dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik di SD/MI.†Jurnal Pedagogos: Jurnal Pendidikan STKIP Bima 4(1):7–12. doi: https://doi.org/10.33627/gg.v4i1.648.
Julaeha, Siti, Eri Hadiana, dan Qiqi Yulianti Zaqiah. 2020. “Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum.†Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(1):1–26. doi: https://doi.org/10.1212/mj.v2i01.5338.
Prastowo, Andi. 2018. “Transformasi Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Menuju Kurikulum 2013 Hingga Kurikulum Ganda).†JIP: Jurnal Ilmiah PGMI 4(2):111–25.
Putra, I. G. D., I. G. Margunayasa, dan P. N. Riastini. 2016. “Analisis Kesenjangan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SDN 4 Kampung Baru Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.†MIMBAR PGSD 4(2). doi: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7645.
Radar Kaltara. 2018. “Terungkap, Masih BAnyak Sekolah Belum Terapkan K-13.†JPPN.Com.
Rosnaeni. 2021. “Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21.†Jurnal Basicedu 5(5):4334–39.
Roziqin, Zainur. 2019. “Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul.†As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1):44–56. doi: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.161.
Rusdiana, dan Elis Ratnawulan. 2022. Manajemen Kurikulum: Konsep Prinsip dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Arsad Press.
Rusman. 2018. “Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Studi tentang Best Practice yang dilakukan Guru Sekolah Dasar dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Kurikulum 2013.†AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10(2):135–48.
Saufi, Akhmad, dan Hambali. 2019. “Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul.†Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(1):29–54.
Sormin, Darliana. 2019. “Perencanaan Kurikulum Pendidikan Islam di MI Ter[adu Mutiara Kota Padangsidimpuan.†ITTIHAD 3(2):105–16.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabeta.
Sukamadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syafaruddin. 2015. Manajemen Organisasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Uliatunida, Nida. 2020. “Perencanaan Kurikulum untuk Mencapai Tujuan Pendidikan.†MEDIKOM : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Dakwah 2(1).
Widyanto, I. Putu, dan Endah Tri Wahyuni. 2020. “Implementasi Perencanaan Pembelajaran.†Satya Sastraharing 4(2):16–35.
Authors
Copyright (c) 2023 Amikratunnisyah Amikratunnisyah, Andi Prastowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.