UPAYA PERENCANAAN KURIKULUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN ABAD 21 SISWA DI SD N INPRES KALA TAHUN AJARAN 2021/2022

Amikratunnisyah Amikratunnisyah (1), Andi Prastowo (2)
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia,
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia

Abstract

Saat ini kurikulum 2013 masih digunakan di berbagai sekolah dasar di Indonesia. Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini didesain untuk mampu mendorong perkembangan dan potensi yang dimiliki siswa sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai serta tuntutan pendidikan abad 21. Namun, beberapa sekolah salah satunya adalah SDN Inpres Kala dirasa belum mampu beradaptasi sepenuhnya dengan kurikulum 2013 tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum 2013 dalam menumbuhkan kemampuan abad 21 siswa dengan model pembelajaran tematik di SD N Inpres Kala pada semester genap 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan guru bidang studi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif bersifat induktif dimana proses analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan kurikulum dengan model pembelajaran tematik di SD N Inpres kala sudah diupayakan untuk menumbuhkan kemampuan abad 21 siswa, mulai dari perencanaan kurikulum 2013 hingga pada perencanaan model pembelajaran tematik oleh kepala sekolah dan guru. Namun, perencanaan kurikulum tersebut belum mampu menumbuhkan keterampilan siswa abad 21 dengan maksimal. Hal ini disebabkan beberapa faktor, kurangnya keterampilan guru kelas dalam menguasai pembelajaran berbasis teknologi informasi, lingkungan belajar siswa, dan kekurangan ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah penunjang perencanaan kurikulum.

References

Read More

Authors

Amikratunnisyah Amikratunnisyah
21204081041@student.uin-suka.ac.id (Primary Contact)
Andi Prastowo
Author Biographies

Amikratunnisyah Amikratunnisyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Andi Prastowo, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Dosen pendidikan guru madrasah ibtidaiyah
Amikratunnisyah, A., & Prastowo, A. (2023). UPAYA PERENCANAAN KURIKULUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN ABAD 21 SISWA DI SD N INPRES KALA TAHUN AJARAN 2021/2022. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 46–59. https://doi.org/10.30651/else.v7i1.13397

Article Details