PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ASESMEN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGOLAHAN NILAI DI TINGKAT SEKOLAH DASAR
Abstract
Kurikulum 2013 menekankan penilaian autentik yang mencakup 3 aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik. Diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu guru dalam mengolah nilai secara efektif dan akurat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah validitas, praktikalitas, dan efektivitas sistem informasi asesmen yang dikembangkan untuk pengolahan nilai di Sekolah Dasar. Adapun tujuannya untuk menguji dan mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas sistem informasi asesmen yang dikembangkan untuk pengolahan nilai di Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan dengan R&D model 4D Thiagarajan. Rancang bangun sistem menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dengan 3 tahapan yaitu Requirements Planning, Workshop Design RAD, dan Implementation. Variabel penelitian mencakup validitas, praktikalitas, dan efektivitas sistem. Pengukuran variabel menggunakan angket dengan skala likert. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan formula V Aiken’s dan momen kappa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa sistem informasi asesmen yang dikembangkan dengan metode RAD memiliki validitas, praktikalitas, dan efektivitas sangat baik.
TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackFull text article
References
Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arabi. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(No. 2). http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/okara/article/view/449/435
Alamsyah. (2011). Sistem informasi nilai siswa sekolah dasar sebagai penunjang dalam pengambilan keputusan. SMARTek, 9(No. 4), 287–299. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/SMARTEK/article/view/897/714
Anam, K., & Choifin, M. (2017). Implementasi Model Four-D (4D) Untuk Pembelajaran Aplikasi Multiplatform Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Bluto). Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(No. 2), 111–116. https://media.neliti.com/media/publications/225242-implementasi-model-four-d-4d-untuk-pembe-2253602a.pdf
Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(No. 1), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/5611/4093
As’ari, H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. ẟELT∆: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(No. 1), 19–26. https://docplayer.info/172127760-Pengembangan-modul-pembelajaran-matematika-berbasis-masalah-untuk-meningkatkan-kemampuan-pemecahan-masalah.html
Asmara, R. (2016). Sistem Informasi Pengolahan Data Penanggulangan Bencana Pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal J-Click, 3(No. 2), 80–91. http://ejurnal.jayanusa.ac.id/index.php/J-Click/article/view/28/14
Aswati, S., Ramadhan, M. S., Udi Firmansyah, A., & Anwar, K. (2017). Studi Analisis Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Matrik, 16(No. 2), 20–27. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/matrik/article/view/10/10
Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. Elmidad:Jurnal PGMI, 10(No. 2), 131–152. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/778
Hizhar, D., Yunita, R. A., Utia, R., & Anggreni, Y. D. (2018). Pengembangan_Bahan_Ajar_Validitas_dan_Praktikalitas.https://www.academia.edu/40678413/Pengembangan_Bahan_Ajar_Validitas_dan_Praktikalitas
Ihsan, H. (2015). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. Pedagogia-Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(No.3), 266–273. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i3.6004
Jtri Legono, K. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa Terhadap Bencana Gempa Bumi Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler SSB di SMP Negeri 2 Kemalang Kabupaten Klaten. http://eprints.ums.ac.id/56821/14/NASKAH PUBLIKASI Jtri.pdf
Juliane, C., Dzulkarnaen, R., & Susanti, W. (2019). Metode McCall’s untuk Pengujian Kualitas Sistem Informasi Administrasi Tugas Akhir (SIATA). Resti: Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi, 3(No. 3), 488–495. https://jurnal.iaii.or.id/index.php/RESTI/article/view/1170/183
Kunandar. (2013). Penilaian autentik : (penilaian hasil belajar peserta didik nerdasarkan kurikulum 2013).
Meranda, B., Fathoni, H, T., & Cynthia, R. (2017). Efektivitas Aplikasi Rapor SD Dalam Penilaian Kurikulum 2013. Edutechnologia, 3(N0. 1). https://docplayer.info/137015805-Effectivennes-of-application-report-books-sd-in-the-assessment-of-curriculum-2013.html
Mufida, A. S., Damayanti, M. R., & Prastyo, R. (2018). Efektivitas Mediasi Sebagai Upaya Penyelesaian Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja (Studi Pada CV. Anugrah Jaya Kab. Bangkalan). Kompetensi, 12(No. 2), 144–166.
Noertjahyana, A. (2002). Studi Analisis Rapid Aplication Development Sebagai Salah Satu Alternatif Metode Pengembangan Perangkat Lunak. Jurnal Informatika, 3(2), 64–68. https://doi.org/10.9744/informatika.3.2.pp.64-68
Nursita, L., Astina, Isakasari, & Amruddin, I. (2021). Efektivitas Penggunaan Microsoft Excel Dalam Pengolahan Nilai Rapor Siswa SMA Negeri 11 Bone. Edu-Leadership, 1(No. 1), 1–9.
Puspita Sari, H., & Muhartini, R. (2017). Sistem Aplikasi pengolahan Nilai Raport SDN Tanjunganom 2 Kecamatan Tanjunganom Nganjuk. Jurnal Antivirus, 11(No. 1), 65–80. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/antivirus/article/download/199/181
Rahman, A. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Mata pelajaran Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP MYSQL di MTsN Lima Puluh Kota. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukit Tinggi.
Rahman, F. (2011). Rancang Bangun Sistem Repository Surat Keputusan ( SK ) Dengan Memanfaatkan ZKOSS FrameWork. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Retnawati, H. (2016). Proving Content Validity Of Self-Regulated Learning Scale (The Comparison Of Aiken Index And Expanded Gregory Index). REiD: Research and Evaluation in Education, 2(No. 2), 155–164. https://journal.uny.ac.id/index.php/reid/article/view/11029/9100
Siregar, Z. H. (2019). Implementasi Macro Excel (VBA) Sebagai Sistem Informasi Registrasi Dan Monitoring Talangan Haji Pada PT. Bank Mandiri Cab. Ternate. Jurnal IESM, 1(No. 1), 48–67. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/IESM/article/view/517/646
Tomoliyus, & Sunardianta, R. (2020). Validitas dan reliabilitas instrumen tes reaktif agility tenis meja. Jurnal Keolahragaan, 8(No. 2), 148–157. https://www.researchgate.net/publication/343992592_Validitas_Aiken’s_instrumen_tes_untuk_mengukur_reaktif_agility_olahraga_khusus_tenis_meja
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Yasin, F. A., & Sari, R. P. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pergudangan dengan Metode Framework for The Application System Thinking (Fast) Berbasis VBA Macro Excel (Studi Kasus PT. Meidoh Indonesia). STRING: Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi, 5(No. 2), 191–200. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/STRING/article/view/7803
Yuniarti, N. (2015). Pengembangan Instrumen Evaluasi Outcome Bagi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). EPrints@UNY. https://eprints.uny.ac.id/30821/
Authors
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.