ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA NYARING DENGAN METODE STRUKTURAL ANALISTIK SINTETIK (SAS) PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR IT ADZKIA 3 SUKABUMI

Authors

  • Anna Ayu Utami Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Irna Khaleda Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v6i1.11933

Abstract

Membaca nyaring merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa kelas awal. Metode SAS merupakan metode yang di khususkan untuk belajar membaca dan menulis permulaan di kelas 1, meskipun demikian, model SAS dapat dipergunakan dalam berbagai bidang pengajaran. Pada prinsipnya, model ini memiliki langkah operasional dengan urutan struktural menampilkan keseluruhan, analitik melakukan proses penguraian dan sintetik menggabungkan kembali kepada bentuk structural semula. Tujuan dalam penelitian ini adalah : mengetahui penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) ini dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar IT Adzkia 3 dalam jaringan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas 1 dan semua peserta didik kelas 1. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan adanya gambaran tentang penerapan metode SAS pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS sangat membantu siswa dalam belajar membaca khususnya membaca permulaan.

References

Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuchdi. (1998). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud

Andi Prastowo. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Azhari. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 No. 2 Juli 2013.

Crawley, S. J. dan Mountain, L. (1995). Strategies for Guiding Content Reading. Boston: Allyn and Bacon.

Hardani, I. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Teks Pendek Dengan Metode SAS (Struktural Analistik Sintetik). Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 1(1).

Herliani, E., & Suningsih, C. (2014). Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring melalui Penggunaan Metode Sruktur Analitik Sintetik (SAS) di Kelas I Sdn 3 Maniskidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1).

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Muhroji, & Yusrina, H. (2018). Penggunaan Modul Pada Pembelajaran Tematik di SDN 1 Jimbung Klaten. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5 (1), 1–9.

Rubin, D. (1993). A Practical Approach to Teaching Reading. Boston: Allyn and Bacon.

Solchan, T.W. dkk. (2008). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Sutedi, Dedi. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang . Bandung:Humaniora

Tarigan, Jjago dkk. (2006). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah, Jakarta: UT

Undang-Undang Repulik Indonesia No. 20 Tahun 2003

Published

2022-02-20

Issue

Section

Artikel