Pengembangan Pembelajaran Berbasis Karakter Untuk Membangun Kemampuan Komunikasi Pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan Melalui Kegiatan LS

Peni Suharti (1), Ruspeni Daesusi (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pembelajaran yang   dapat mengembangkan kemampuan komunikasi sains dan komunikasi hasil pemaknaan fenomena biologi terkait karakter religi pada pembelajaran Fisiologi Tumbuhan dan Mendeskripsikan hasil pembelajaran dari pelaksanaan pembelajaran berdasarkan rancangan   tersebut 

.           Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bersifat deskriptif,  yang mengombinasikan PTK dan Kegiatan Lesson Study  (Lesson Reasearch) dengan menggunakan metode observasi.   

Rancangan pembelajaran yang dihasilkan terdiri dari tahapan  Apersepsi dan motivasi, Menyampaikan Tujuan Pembelajaran, Menyajikan masalah terkait materi yang akan dibahas, Melaksanakan praktikum untuk mengumpulkan data, Mendiskusikan dan menuliskan hasil praktikum dalam LKM 1,  Mendiskusikan dan menuliskan hasil  pemaknaan fenomena yang dipelajarai terkait sifat tuhan sebagai Pencipta dan  Pengatur dengan disertai aturan berupa ayat alQuran atau hadits yang berkaitan dengan hasil pemaknaan dalam LKM 2,  Presentasi hasil LKM, Membuat kesimpulan,  Pemberian Tugas laporan dan Evaluasi.

Hasil implemantasi pembelajaran dari rancangan yang dibuat menyatakan proses pembelajaran menunjukkan   sebagian besar mahasiswa aktif, antusias selama pembelajaran. Rata-rata nilai prestasi mahasiswa secara berturut-turut adalah 79,5; 79,7; dan 82.      Sebagian peserta didik menunjukkan perubahan positif dalam kemampuan komunikasi baik komunikasi sains maupun dalam mengkomunikasikankan hasil pemaknaan materi terkait religi yang dimaksudkan untuk menanamkan karakter religi terkait sifat Tuhan sebagai Pencipta dan Pengatur.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adamcikova, V. And Tarabek, P., 2010, Educational Communication And Curiculum Process (Diakses tanggal 2 Juli 2012)

Ibrahim, 2011, Mewujudkan Generasi Cerdas Dan Bermoral Melalui Model Pembelajaran Pemaknaan: Alternatif Pembelajaran Karakter(Sikap) Positif, Prosiding Seminar Nasional Karakter, “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sains untuk meningkatkan profesionalisme Guru. FPMIPA UNESA, ISBN: 978-979-028-480-7.

Ibrahim, 2002, Dimensi Pendidikan dan Budi Pekerti Dalam Model-Model Biologi, Pidato Pengukuhan Guru Besar Dalam Bidang Biologi, FMIPA, UNESA, Surabaya

Lewis, Chaterine. 2004. Does Lesson Study Have a Future in the United States? Best practice lessons and lesson study. Journal of Social Science Education 1-2004

Nur, M, 2011, Mewujudkan Generasi Cerdas dan Bermoral Melalui Pembelajaran Bermuatan Keterampilan Berfikir dan Perilaku Karakter, Prosiding Seminar Nasional Karakter, “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sains untuk meningkatkan profesionalisme Guru. FPMIPA UNESA, ISBN: 978-979-028-480-7.

Naim, N, 2011, Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media

NRC, 2011, Assesing 21st Century Skills: Summary of a Workshop. J.A. Koenig, Rapporteur, Committee on the Assesment, Division of Behavioral and Social Sciences and Education, Washington, DC: The National Academies Press.

Permen Diknas No 23 Tahun 2006 tentang Standar isi dan standar Proses Pendidikan.

UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3,

Woolflook, Anita, 2009, Educational Psychology, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Edisi Bahasa Indonesia

Penulis

Peni Suharti
peni.fkipumsby@gmail.com (Kontak utama)
Ruspeni Daesusi

Rincian Artikel