EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA SMP MAMBAUL ULUM BATA-BATA KABUPATEN PAMEKASAN

Penulis

  • Ahmad Rifqi IKIP PGRI Jember
  • Has bullah STAI Al-Khairat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v6i2.14678

Abstrak

This research was conducted because of the background of the problems that occur in society today, ranging from violence, corruption, robbery, especially in terms of moral crises. It made many parties highlight the role of education, meaning that the events in society cannot be separated from the role of education. The formulation of the problems that were First, how is the Islamic Boarding School -based curriculum in SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan Regency, Second, how is the psychomotor ability of students in SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan Regency, Third, how is the effectiveness of the pesantren-based curriculum in improving the psychomotor abilities of students in SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan Regency. This type of researcher was a field researcher who collected primary data through interviews from the principal, teachers of Mambaul Ulum Bata-Bata Junior High School, Pamekasan Regency, and students of Mambaul Ulum Bata-Bata Junior High School, Pamekasan Regency, while Skunder data can be obtained from the regular lieteratur and documents in SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan Regency, after all the data was collected, it was continued to be quantitatively analyzed and described in a discriminatory form. Based on data showing 0.641, it meant that the ability of Islamic Boarding School-based curriculum can simultaneously had an influence on students’psychomotor abilities of 0.641 and the remaining 0.359 was influenced by independent variables that were not studied such as example, bearing, self-awareness and so on.

Keywords: Effectiveness, Curriculum, Psychomotor.

 

Penelitian ini dilakukan kerena dilatar belakangi masalah yang terjadi masyarakat saat ini, mulai dari kekerasan, korupsi, perampokan, khususnya dalam hal krisis akhlak, hal ini membuat banyak pihak menyoroti peran pendidikan, artinya kejadian yang dimasyarakat tidak lepas dari pada peran pendidikan. Rumusan masalah dari tesis ini adalah Pertama, bagaimana kurikulum berbasis pesantren di SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan, Kedua, Bagaimana kemampuan psikomotorik siswa SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan, Ketiga, Bagaimana efektifitas kurikulum berbasis pesantren dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan. Jenis penelitia ini adalah penelitia lapangan yang menghimpun data primer melaului wawancara dari pihak kepala sekolah, Guru SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan, dan siswa SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan, adapun data Skunder di dapat dari lieteratur dan dokumen SMP Mambaul Ulum Bata-Bata Kabupaten Pamekasan, setelah semua data terkumpul di lanjut analisis secara kuantitatif dan diuraikan dalam bentuk diskriptif. Berdasarkan data yang menunjukkan 0,641, artinya bahwa kemampuan kurikulum berbasis pesantren secara simultan dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan psikomotorik siswa sebesar 0,641 dan sisanya yaitu 0,359 dipengaruhi oleh variabel-variabel independen yang tidak diteliti seperti teladan, pembawaan, kesadaran diri dan sebagainya.

Kata Kunci: Efektifitas, Kurikulum, Psikomotorik

Referensi

Asy’ari, Ari, and Tasman Hamami. “Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.†IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 19–34.

Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya.†Jurnal Ilmiah Islam Futura 11, no. 1 (2017): 15.

Hamdi, M., M. “Konsep Pengembangan Kurikulum.†INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017): 1–13.

Indy, Ryan, Fonny J. Waani, and N. Kandowangko. “Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara.†HOLISTIK, Journal Of Social and Culture 12, no. 4 (2019): 1–21. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466.

Purwadhi, Purwadhi. “Pengembangan Kurikulum Dalam Pembelajaran Abad XXI.†Mimbar Pendidikan 4, no. 2 (2019): 103–112.

Shafwan, Muhammad Hambal. “IBRAH PENDIDIKAN DALAM KITAB SHAHIH BUKHARI.†Studia religia 5, no. 1 (n.d.): 29–42. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/8996.

———. Intisari Sejarah Pendidikan Islam. Solo: Pustaka Arafah, 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Tolchah, Moch. “Filsafat Pendidikan Islam: Konstruksi Tipologis Dalam Pengembangan Kurikulum.†Tsaqafah 11, no. 02 (2015). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/274.

———. “Implikasi Filsafat Pendidikan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perspektif Kuntowijoyo.†Fikrotuna 11, no. 01 (2020).

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-05

Terbitan

Bagian

Artikel