Rancang Bangun Sistem Penghitungan Benih Ikan Lele Otomatis Berbasis Arduino

Isi Artikel Utama

Ervyan Dwi Hendrawan
Winarno Winarno
Triuli Novianti

Abstrak

Usaha budidaya ikan lele saat ini mengalami peningkatan berdasarkan banyaknya permintaan pasar, karena ikan lele termasuk dalam ikan konsumsi, oleh karena itu ikan lele menjadi mata pencarian bagi pembudidaya ikan lele. Ada beberapa permasalahan dalam sistem pembudidayaan benih ikan lele, salah satunya yaitu pada penghitungan benih ikan lele yang masih menggunakan penghitungan secara manual, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dan kurang akurat. Maka dari itu pada tugas akhir ini dirancanglah sebuah Teknologi Tepat Guna (TTG) Rancang Bangun Sistem Penghitungan Benih Ikan Lele Otomatis berbasis Arduino Uno. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini yaitu berdasarkan fenomena dalam konteks kehidupan nyata pembididaya ikan lele, kemudian Perancangan TTG Mesin Penghitungan menyesuaikan dengan kebutuhan pembudidaya untuk mengimbangi banyaknya permintaan pasar untuk menghitung benih ikan yang direalisasikan dengan mikrokontroler Arduino Uno. Dengan adanya TTG Mesin Penghitung tersebut memberikan kemudahan dalam penghitungan benih ikan lele secara otomatis secara efisien dengan hasil yang akurat.

Kata Kunci : teknologi tepat guna, mesin penghitung, benih ikan lele, arduino uno

Rincian Artikel

Referensi

  1. N. Fauziyah, “Usaha Budidaya Lele, Masih Layakkah untuk Dikembangkan?,†Kabupaten Tangerang, 06 02 2020. [Online]. Available: https://tangerangkab.go.id/detail-konten/show-berita/2502. [Diakses 22 08 2020].
  2. R. T. W. Nugraha, Rancang Bangun Alat Hitung Benih Ikan Berbasis Inframerah, Sensor Photodioda, dan Mikrokontroler Arduino UNO, Yogyakarta, 2016.
  3. H. Andrianto dan A. Darmawan, Arduino Belajar Cepat dan, Bandung, 2016.
  4. D. De, Cara Program Modul Sensor Infrared FC-51 dengan Arduino, Bali, 2019.
  5. D. Nurlette dan T. K. Wijaya, “PERANCANGAN ALAT PENGUKUR TINGGI DAN BERAT BADAN IDEAL,†Vol. %1 dari %2Vol.1, No.2, 2018.
  6. W. Purbowaskito dan R. Handoyo, “PERANCANGAN ALAT PENGHITUNG BENIH IKAN BERBASIS SENSOR,†vol. Vol 8 No3, 2017.
  7. M. d. I. HZ, Rancang Bangun Alat Penghitung Benih Ikan Nila Menggunakan Photodiode dan Infrared LED Berbasis Arduino Uno, Makasar, 2018.
  8. S. J Wahyu, Rancang Bangun Alat Penghitung Benih Ikan Menggunakan Sensor Oprocoupler Berbasis Microcontroller, Yogyakarta, 2017.
  9. Padiyono, Penghitung Benih Ikan Lele Otomatis Berbasis Mikrokontroller Atmega 8, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.
  10. S. d. Yondri, Rancang Bangun Alat Penyortir dan Penghitung bibit ikan Secara Otomatis Untuk Meningkatkan Proses Transaksi Jual Beli pada Petani, Padang, 2010.