Pemberi Pakan Ikan Otomatis Dan Pemantau Kondisi Air Kolam Budidaya Ikan Koi Berbasis Mikrokontroler

Isi Artikel Utama

Rizky Menanda Andriyanto
Aswin Rosadi
Triuli Novianti

Abstrak

Pemberian pakan dan pemantauan keaadan air kolam untuk saat ini masih dilakukan dengan cara manual yang masih menggunakan sumber daya manusia dan jika meninggalkan kolam budidaya koi tanpa dapat terpantau saat berada pada jarak yang jauh dari posisi kolam dapat mengakibatkan keterbatasan dalam proses pemberian pakan.selain keterlambatan pemberian pakan, kondisi air juga mempengaruhi tingkat kelangsungan hidup ikan koi. Dalam penelitian ini dirancang alat untuk memantau keadaan air kolam dan pemberi pakan ikan Koi secara otomatis berdasarkan waktu secara terjadwal dan sesuai dengan jumlah takaran, sehingga dapat membantu meringankan kerja para peternak ikan. Berdasarkan waktu yang digunakan adalah jam 08.00 dan 17.00 untuk pakan ikan, dan kekeruhan air yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup ikan koi adalah kuang dari 400 NTU, dengan ukuran akuarium P= 40cm L= 20 T= 25 cm. Dalam perancangan sistem ini menggunakan mikrokontroler arduino uno sebagai pengontrol utama, RTC untuk pemberian pakan secara terjadwal, sensor turbidity untuk memdeteksi kadar kekeruhan air pada kolam. Dengan menggunakan komponen alat di atas serta beberapa software yang mendukung berjalannya alat, maka pemberi pakan ikan Koi otomatis dapat bekerja sesuai dengan pilihan jadwal serta mampu memantau kondisi kekeruhan air pada kolan budidaya ikan koi.

Kata Kunci : Arduino, Pakan Ikan, Kondisi Air, Ikan Koi

Rincian Artikel

Referensi

  1. Sawung Cindelaras, dan Anjang Bangun Prasetio Eni Kusrini, "PENGEMBANGAN BUDIDAYA IKAN HIAS KOI (Cyprinus carpio) LOKAL DI BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BUDIDAYA IKAN HIAS DEPOK," Media Akuakultur Vol. 10 No. 2 Tahun 2015: 71-78, 2015.
  2. Cucu Suhery, Yudha Arman Kartika Sari, "IMPLEMENTASI SISTEM PAKAN IKAN MENGGUNAKAN BUZZER DAN APLIKASI ANTARMUKA BERBASIS MIKROKONTROLER ," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan Volume 03, No. 2 (2015), hal 111-122 , 2015.
  3. arduino.cc. (2019, Oct.) www.arduino.cc. [Online]. www.arduino.cc
  4. https://www.servocity.com. (2019, Oct.) https://www.servocity.com. [Online]. https://www.servocity.com
  5. arduino.cc. (2019, Nov.) www.arduino.cc. [Online]. www.arduino.cc
  6. GE Measurement & Control, "TSD-10 Turbidity Sensor".
  7. Riskan Oktafiadi, "SISTEM PEMANTAU KEKERUHAN AIR DAN PEMBERI MAKAN OTOMATIS PADA IKAN BERBASIS MIKROKONTROLER," Jurnal Ilmu Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI)Vol. 2, No. 1, Juni 2016 , 2016.
  8. Aditya Manggala Putra Ali Basrah Pulungan, "Pemberi Pakan Ikan Otomatis," JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DANVOKASIONAL) Volume 06 Number 02 2020 ISSN: 2302-3309, 2020.