Isi Artikel Utama

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kemandirian finansial taruna-taruni di Desa Antiga Kelod yang dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan perencanaan keuangan dan investasi saham sehingga mereka menjadi generasi muda yang mandiri secara finansial. Taruna-taruni di Desa Antiga Kelod, merupakan komunitas  generasi muda yang mapan secara finansial, namun mereka berperilaku konsumtif/overspending sehingga mereka tidak mandiri secara finansial dan menjadi beban finansial keluarga. Metode pelaksanaan terdiri dari empat  tahap yaitu perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi. Data yang dikumpulkan absensi peserta, daftar nilai peserta, dokumen perencanaan keuangan dan pembuatan akun investasi saham, dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, test dan wawancara mendalam. Evaluasi dilaksanakan melalui dua aspek yakni aspek proses dengan indikator kehadiran dan partisipasi aktif peserta selama kegiatan dan aspek produk dengan indikator pemahaman materi dan kemampuan membuat kertas kerja perencanaan keuangan dan akun investasi saham. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa taruna-taruni di Desa Antiga Kelod mendapat manfaat dari kegiatan pelatihan dan pendampingan karena setelah kegiatan, mereka mampu menyusun kertas kerja perencanaan keuangan dan melakukan investasi saham, sehingga dampak kegiatan adalah  generasi muda yang mandiri dan tidak menjadi beban finansial keluarga. Saran ditujukan kepada orang tua taruna-taruni agar berperan mendampingi putra-putrinya dalam memanfaatkan penghasilan dan konsisten dalam mengimplementasikan hasil kegiatan pengabdian masyarakat.

Kata Kunci: investasi; pelatihan; pendampingan; saham.

 

Financial Planning and Stock Investment Assistance for Youth Organization

ABSTRACT 

This community service aims to increase the financial independence of young people in the village of Antiga Kelod by providing training and mentoring in financial planning and stock investment so that they become a financially independent young generation. The young people in the Antiga Kelod Village, were a financially established young generation community, but they were behaving consumptively/overspending, so they were not financially independent and become a financial burden on their family. The implementation method consists of four stages, namely planning, implementation, monitoring and evaluation. Data collected attendance participants, list of participant values, financial planning documents and the creation of a stock investment account, with the method of documentation, interviews, tests and in-depth interviews. Evaluation was carried out through two aspects namely the process aspect with indicators of attendance and active participation of participants during the activity and the product aspect with indicators of understanding material and the ability to make financial planning working paper and create a stock investment account. The results of the activity showed that young people in the Antiga Kelod Village got benefit from training and mentoring activities because after the activity, they were able to prepare financial planning work papers and make stock investments, so that the impact of the activity was to produce independent young people and not become a financial burden on their family. Suggestions were addressed to parents of the young people to play a role in assisting their children in utilizing income and consistent in implementing the result of service society activities.

Keywords: investation; training; monitoring; stock.

Kata Kunci

pelatihan pendampingan investasi saham

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ni Kadek sinarwati, Universitas Pendidikan Ganesha

Accounting

Referensi

  1. Adi, Sri Utami. 2019. Mengubah Paradigma Saving Society Menjadi Saving Invesment Society, (Peran Serta Wanita Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Investasi Di Bursa Efek Indonesia). Laporan Akhir Pengabdian Pada Masyarakat. Universitas DR. Soetomo. Hlm 1-18.
  2. Efnita, Titik., Syaifullah, 2019. Pembinaan Pasar Modal, Investasi Saham dan Obligasi Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hang Nadim Batam. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.3, No.1, Hal 1 – 8.
  3. Farida, Siti Ning, Ety Dwi Susanti, Nurul Azizah. 2019. Pemanfaat Gadget Dalam Upaya Belajar Saham dan Investasi Sebagai Bagian “Gerakan Yuk Nabung Saham†Pada Karang Taruna Kelurahan Kandangan Surabaya: Senadimas: Unisri.
  4. Hartono, Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kelima. Jogyakarta: BPFE.
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Investasi
  6. Kasmir, 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi keenam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  7. Naparin, Drs., MM. 2010. Perencanaan dan Penggangaran Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo
  8. Mulyani Erly, Firman, Gesit Thabrani, Muthia Roza Linda. 2019. PKM Pelatihan Analisis Fundamental dan Teknikal Sebagai Alat Analisis Pengambilan Keputusan Investasi di Pasar Modal Pada Guru MGMP Akuntansi dan Ekonomi SMA/SMK Kota Bukittinggi. Wahana Riset Akuntansi Vol. 7, No 2, Hal 1567-1574
  9. Sawir, agnes. 2001. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  10. Toruan, Rutman L, Lukas Tarigan, William Dwiarkha Lewu Raintung, Posma Sariguna Johnson Kennedy, Suzanna Josephine L.Tobing, Emma Tampubolon. 2018. Pelatihan Berinvestasi Sejak Dini di Pasar Modal. Jurnal. IKRAITH-ABDIMAS Vol 1 No 2. Halaman 10-14.
  11. Ulum, Achmad Saiful, Linda Purnama Sari, Emil Wahyu Karnoto, Dhyka Bagus Permana, Indra Listyati. 2018. Pelatihan Simulasi dan Strategi Investasi Pada Saham Tingkat Guru Ekonomi SMA/SMK/MA se-Jawa Timur. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENIAS): Universitas Islam Madura. Halaman 221-227.
  12. Wijaya, Ismed, Diana, Dasmi Husin, Mustika Amri, 2019. Pelatihan Investasi Portofolio Saham Saham Syariah Bagi Alumni Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe. Proceeding Seminar Nasional. Vol.3 No.1: Politeknik Negeri Lhokseumawe. Halaman C189-C191