Peningkatan Minat Belajar Mengaji dan Pengetahuan Tentang Islam Melalui Aplikasi Marbel Mengaji di Madrasah Ibtidaiyah

Nova Rika Batubara, Elida Florentina Sinaga Simanjorang, Nurintan Asyiah Siregar

Sari

Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas dusun Sidomulyo adalah salah satu lembaga pendidikan sekolah dasar yang berbasis agama. Mengaji atau membaca Al-Qur’an dan pengetahuan tentang Islam sudah menjadi bagian dari pelajaran mereka. Tetapi terjadi penurunan minat untuk membaca Al-Quran dan belum fasih melafalkan huruf Hijaiyah begitu juga dengan pengetahuan mereka tentang doa doa yang ada dalam Islam. Penurunan ini terjadi akibat dampak negatif dari teknologi yaitu smartphone, ketersediaan game online yang ada di smartphone mempengaruhi minat serta pengetahuan peserta didik dalam belajar Al-Qur’an. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membangkitkan kembali minat dan pengetahuan peserta didik untuk membaca Al-Qur’an dan pengetahuan tentang Islam. Penggunaan aplikasi Marbel Mengaji sebagai media pembelajaran audio visual merupakan tindakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini. Adapun metode pengabdian ini menggunakan metode ceramah dan metode tanya jawab, sedangkan kegiatan pengabdian ini melalui beberapa tahapan. Berdasarkan hasil dari kegiatan pengabdian telah terjadi peningkatan dari 8,3% menjadi 62,5% dari total semua peserta kegiatan pengabdian, maka dari itu tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan minat belajar mengaji dan pengetahuan tentang Islam telah berhasil karena telah terjadi peningkatan

Kata Kunci

aplikasi, mengaji, pretest, postest

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arifin, Z. (2019). Pemanfaatan Media Game Monopoli Ayo Mengaji Dalam Meningkatkan Gemar Mengaji Al-Qur ` an. Jurnal Penelitian IAIN Kudus, 13(2), 197–214. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/6239

Dan, M., & Khair, M. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Taman Pengajian Al-Qur’an Nurul. Jurnal Inspiration, 6(2), 165–172. https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/view/2426

Djollong, A. F. (2016). Pentingnya Pengetahuan Ajaran Agama Islam Dan Aplikasinya Terhadap Remaja. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, IV(September), 67–78. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/269

Informatika, D. M., Teknik, F., Surabaya, U. N., Informatika, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2018). Aplikasi Belajar Mengaji Berbasis Android Melya Nur Yati Naim Rochmawati. Jurnal Manajemen Informatika, 8(2), 89–97. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/24587

Pangestu, A. R., & Purwanto, A. (2021). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Iqro untuk Anak Berbasis Android. EJECTS : E-Journal Computer, Technology and Informations System LPPM Universitas Darwan Ali, 01(01), 1–6. http://jurnal.unda.ac.id/index.php/ejects/article/view/170

Saadah, R. (2015). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Jenjang Iqro Pada Mobile Phone. Repository UIN Raden Fatah Palembang, 1–94. http://repository.radenfatah.ac.id/4679/

Simanjorang, E. F. S., Siahaan, L. R., Hutagaol, H. R., & Limbong, B. (2021). Pendampingan Anak Didik Agar Tetap Ceria dan Sehat di Era. 5(3), 338–346. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i3.1245

Siregar, M., Ilyas, S., Bimbingan, J., Fakultas, I., Adab, U., & Agama, I. (2020). Metode Bimbingan Islami dalam Membentuk Akhlak Anak. Syifaul Qulub : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 1–10. http://dx.doi.org/-/syifaulqulub

Siregar, N., & Sutabri, T. (2019). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Mengaji Dengan Metode Belajar Albarqi Dasar pada Yayasan Marhamatur Ridho Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informatika & Komputer, 5(1), 45–50. http://journal.thamrin.ac.id/index.php/jtik/article/view/245

Triyadi, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(2), 231–236. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/215


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/aks.v6i2.12793

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.