Optimalisasi penataan Koridor Kota dengan Pasar Malam Saat dan Sesudah Covid-19 Berbasis Kesehatan Perkotaan: Studi Kasus jalan Kejawan Putih Tambak Surabaya

Fibria Conytin Nugrahini (1), Miftakhul Huda (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Kejawan Putih Tambak Surabaya merupakan koridor dengan karakteristik adanya aktifitas pedagang kaki pada pasar malam nya dan koridor ini berbatas pagar perumahan mewah. Menjadi salah satu jalur yang menjadi jalan utama bagi warga di kawasan perbatasan dari arah Mulyosari menuju perumahan di kawasan Keputih. Selain masalah kesenjangan dengan perumahan mewah yang pagarnya membatasi koridor, masalah lainnya di koridor adalah kemacetan lalu lintas karena adanya aktivitas pasar malam pada sabtu dan minggu yang memadati jalan pasar malam di kedua hari tersebut. Adanya kemacetan di waktu terjadinya pasar malam diperparah dengan penyempitan jalan di ujung utara koridor. Tidak adanya jalur pedestrian atau jalur pejalan kaki di koridor menyebabkan fungsi jalan menjadi tempat bebas untuk pengunjung pasar. Beberapa hal tersebut diatas selama ini belum dapat diselesaikan ditambah di era pandemi covid-19 serta setelah pandemi untuk mengantisipasi masalah kesehatan kota. Artikel ini menyajikan analisa masalah koridor melalui elemen desain kota dari Kevin Lynch dari sudut pandang kesehatan kota-kota dalam era dan sesudah pandemi covid-19. Analisa Optimalisasi Pradesain penataan koridor kota disajikan dalam makalah ini dari segi desain kota beserta gambar pra desainnya.

Full text article

Generated from XML file

References

Atik, D. Z., Çakir, H. K., & Benian, E. (2009). The Importance Of City Image Elements Through Recognizing and Introducing of Cities: Edirne Example. Trakia Journal of Sciences

Bakir, C. (2020). The Turkish state’s responses to existential COVID-19 crisis. Policy and Society. https://doi.org/10.1080/14494035.2020.1783786

Bereitschaft, B., & Scheller, D. (2020). How Might the COVID-19 Pandemic Affect 21st Century Urban Design, Planning, and Development? Urban Science. https://doi.org/10.3390/urbansci4040056

Budds, D. (2020). Design in the age of pandemics.

Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Bina Jalan Kota(Binkot) (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia.

Hassen, N. (2022). Leveraging built environment interventions to equitably promote health during and after COVID-19 in Toronto, Canada. Health Promotion International, 37(2). https://doi.org/10.1093/heapro/daab128

Honey-Rosés, J., Anguelovski, I., Chireh, V. K., Daher, C., Konijnendijk van den Bosch, C., Litt, J. S., Mawani, V., McCall, M. K., Orellana, A., Oscilowicz, E., Sánchez, U., Senbel, M., Tan, X., Villagomez, E., Zapata, O., & Nieuwenhuijsen, M. J. (2020). The impact of COVID-19 on public space: an early review of the emerging questions – design, perceptions and inequities. Cities & Health. https://doi.org/10.1080/23748834.2020.1780074

Lynch, K. (2020). “The City Image and its Elements.†In The City Reader. https://doi.org/10.4324/9780429261732-67

Nugrahini, F. C. (2015). Quality road as an Essential Part of City Image Sustainability Case study : Corridor South Side of Kejawan Putih Tambak Surabaya. LIGHT Journal Faculty of Engineering Muhammadiyah University of Surabaya.

Nugrahini, F. C., & Rofi’i, R. (2017). Konsep Penataan Lingkungan Koridor Berbatas Pagar Perumahan Skala Besar. EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 2(2). https://doi.org/10.29080/emara.v2i2.22

Raad Al-Shams, A., & Badarulzaman, N. (2014). Evaluating the city image: A focus on landmarks of Kuala Lumpur, Malaysia. Asian Social Science, 10(4). https://doi.org/10.5539/ass.v10n4p241

Rubin, G. J., & Wessely, S. (2020). The psychological effects of quarantining a city. In The BMJ (Vol. 368). https://doi.org/10.1136/bmj.m313

Sharifi, A. (2019). Resilient urban forms: A review of literature on streets and street networks. In Building and Environment (Vol. 147). https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2018.09.040

Shirvani, H. (1985). The urban design process. Van Nostrand Reinhold.

Smardon, (1986) , Foundations for Visual Project Analysis. United States Copyright

Stier, A., Berman, M., & Bettencourt, L. (2020). COVID-19 Attack Rate Increases with City Size (March 30, 2020). Mansueto Institute for Urban Innovation Research Paper Forthcoming. SSRN- Lancet Prepublication.

Ugolini, F., Massetti, L., Calaza-Martínez, P., Cariñanos, P., Dobbs, C., Ostoic, S. K., Marin, A. M., Pearlmutter, D., Saaroni, H., Å aulienÄ—, I., Simoneti, M., VerliÄ, A., Vuletić, D., & Sanesi, G. (2020). Effects of the COVID-19 pandemic on the use and perceptions of urban green space: An international exploratory study. Urban Forestry and Urban Greening. https://doi.org/10.1016/j.ufug.2020.126888

Welle, B & Avelleda, S. (2020). Safer, more sustainable transport in a post-COVID-19 world. World Resources Institute.

Wu, X. et al. (2020). A national study on long-term exposure to air pollution and COVID-19 mortality in the United States. Harvard University.

Authors

Fibria Conytin Nugrahini
fibriaconytinnugrahini@um-surabaya.ac.id (Primary Contact)
Miftakhul Huda
Author Biographies

Fibria Conytin Nugrahini, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Arsitektur, Fakultas Teknik

Miftakhul Huda, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Fakultas Teknik UM Surabaya
Nugrahini, F. C., & Huda, M. (2022). Optimalisasi penataan Koridor Kota dengan Pasar Malam Saat dan Sesudah Covid-19 Berbasis Kesehatan Perkotaan: Studi Kasus jalan Kejawan Putih Tambak Surabaya. AGREGAT, 7(2). https://doi.org/10.30651/ag.v7i2.15661

Article Details