Optimalisasi Pelayanan Penumpang PT. Angkasa Pura Cabang I (Persero) Dari Sisi Darat (Landside) Terminal Domestik Bandara Juanda Surabaya

R Endro Wibisono (1), Buger Wijaya Yuana (2)
(1) Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Indonesia,
(2) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract

Pelayanan penumpang adalah hal utama yang diperhatikan dalam penyedia karena hal ini menjadi tolak ukur penilaian bagi pengguna jasa terhadap perusahaan, dalam kondisi pandemi penyedia jasa harus bisa bertahan dalam kondisi sulit dengan adanya batasan penggunaan transportasi umum. Keadaan tersebut terjadi di perusahaan jasa seperti PT. Angkasa Pura I Juanda Surabaya yang merupakan perusahaan penyedia jasa kebandarudaraan. Berdasarkan hal itu, penulis melakukan analisis kinerja dan optimalisasi pelayanan penumpang dengan cara melakukan survei penelitian dan pengolahan data berdasarkan peraturan kebandarudaraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi pelayanan penumpang, SOP alur pelayanan penumpang, dan fasilitas pelayanan penumpang dari sisi darat bandara Juanda Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif untuk mendapatkan data berupa pengamatan dan asumsi dengan cara menilai tingkat kesesuaian prosedur melalui data. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah optimalisme yang dilakukan PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Juanda dengan melakukan observasi keberlanjutan bandara saat ini. Dalam pelaksanaan pelayanan penumpang dari sisi terminal, digunakan SOP Surat Keputusan General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) No. Kep.34/OB.01/GM.SUB Tahun 2018 Jenis pelayanan dari sisi terminal yaitu pemeriksaan keamanan, check-in, imigrasi keberangkatan, ruang tunggu penumpang, pelayanan bagasi, imigrasi kedatangan, pelayanan bea cukai, kedatangan penumpang, fasilitas yang memberikan nilai tambah.

Full text article

Generated from XML file

References

Chamidi, Safrudin. (2004). “Kaitan antara Data dan Informasi Pendidikan dengan Perencanaan Pendidikan,†Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (48) 10, hlm. 311—328.

Ig. Dodiet Aditya S, SKM. (2013). Data Dan Metode Pengumpulan Data Penelitian, Jurusan akupuntur poltekkes Surakarta.

Ignasius Jonan Undang-undang. (2009). Penerbangan, Jakarta.

Keputusan Mentri. (2002). Sertifikasi Operasi Bandar Udara Menteri Perhubungan, Jakarta.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2012). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Peraturan Mentri Perhubungan. (2015). Standart Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2012). Pembangunan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Bandar, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2001). KEBANDARUDARAAN, Jakarta

Peraturan Mentri Perhubungan. (2013). Tatanan Kebandarudaraan Nasional, Jakarta

Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Udara, 2005, Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara, Jakarta

Peraturan Mentri Perhubungan. (2007). Penetapan Lokasi Bandar Udara di Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku, Jakarta

Pendit, Putu Laxman. (2001). Manajemen Pengetahuan dan Profesional Informasi: Harapan, Kenyataan dan Tantangan. Makalah Kuliah Perdana Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra UI, 18 September. Depok: JIP FS Universitas Indonesia.

Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd. (2013). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, Jakarta, Prenadamedia.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Bandung. Alfabeta, 2010. Peraturan Mentri Perhubungan, Standart Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara, Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Peelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Wibisono, R. E., Sulistiyani, D. K., Susanti, A., Widayanti, A., & Verawati, K. (2022). Analisis Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Pekerja di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Terminal Berlian PT. BJTI PORT, Surabaya). LOGISTIK, 15(01), 34-47.

Authors

R Endro Wibisono
endrowibisono@unesa.ac.id (Primary Contact)
Buger Wijaya Yuana
Wibisono, R. E., & Yuana, B. W. (2022). Optimalisasi Pelayanan Penumpang PT. Angkasa Pura Cabang I (Persero) Dari Sisi Darat (Landside) Terminal Domestik Bandara Juanda Surabaya. AGREGAT, 7(2). https://doi.org/10.30651/ag.v7i2.13787

Article Details