PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA SD MUHAMMADIYAH 8 SURABAYA MELALUI PROGRAM LESSON STUDY
Abstrak
ABSTRAK
Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran (Plan) untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran dan mengamati pelaksanaan (Do) serta melakukan refleksi (See) untuk mendiskusikan pembelajaran yang
dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Lesson Study yang telah dilaksanakan di SD Muhammadiyah 8 ini telah memberikan banyak manfaat baik bagi peserta didik maupunpendidik yaitu: (1) perbaikan kemampuan guru dalam merencakan dan melaksanakan pembelajaran semakin baik, (2) mampu menumbuhkan motivasi dan semangat belajar pada siswa, (3) mampu meningkatkan profesionalitas guru dalam mengajar. (4) menumbuhkan kekompakan dan keterbukaan antara guru yang satu dengan lainnya dalam menyusun perencanaan dalam mengajar. Dengan demikian kegiatan seperti ini perlu adanya kerjasama yang berkesinambungan guna meningkatkan mutu pendidikan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arifin, Zaenal. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia
Aqib, Zaenal. 2002. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia
Aryawan, Bambang. 2009. Pembelajaran Kooperatif untuk Membangun Pengetahuan Siswa. (http//riyadi. purworejo.
asia200907pembelajaran-kooperatif-cooperative. html, diakses 3 Februari 2011).
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Wahyuni, Nur Esa. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.