Pemanfaatan Platform Noice Sebagai Sarana Mengembangkan Audiobook Cerita Rakyat Madura

Arief Setyawan (1), Emy Rizta Kusuma (2)
(1) Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia,
(2) Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia

Abstrak

Fokus penelitian ini adalah pemanfaatan perkembangan teknologi yang dikombinasikan dengan kesastraan lokal Madura. Dari hal ini muncullah tujuan penelitian untuk mengotimalkan fitur-fitur di platform noice untuk mengembangkan Audiobook Cerita Rakyat Madura. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu alternatif dalam menikmati buku atau bahan bacaan dengan cara yang berbeda, yakni dengan didengarkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan model 4D (Thiagarajan, Dorothy, dan Melvyn) yang terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu penetapan, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Adapun hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Dihasilkan produk berupa Audiobook Cerita Rakyat Madura yang efektif untuk dimanfaatkan dalam memahami sumber bacaan dengan cara diperdengarkan, 2) Platform Noice efektif digunakan sebagai sarana mengembangkan Audiobook dengan bahan bacaan Cerita Rakyat Madura. 3) Audiobook Cerita Rakyat Madura yang dihasilkan melalui platform Noice bisa dioperasikan di komputer (laptop) dan handphone android/Iphone dengan mudah dan praktis selama terkoneksi dengan jaringan internet.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Anwas, Oos M. 2014. “Audiobook: Media Pembelajaran Masyarakat Modern.” Jurnal Teknodik: 54–62.

Fadilah, Efi, Pandan Yudhapramesti, and Nindi Aristi. 2017. “Podcast Sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio.” Jurnal Kajian Jurnalisme 1(1).

Fathurrozak. 2022. “Berebut Massa Lewat Konten Suara.” https://mediaindonesia.com/weekend/521701/berebut-massa-lewat-konten-suara (December 12, 2023).

Koniyo, Rierind, Gita Juniarti, and Fatmawaty Damity. 2023. “Wujud Determinisme Teknologi Dalam Audiobook Untuk Meningkatkan Minat Baca.” Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi 6(1): 28–43.

Noice Indonesia. 2023. “Tentang Noice.” https://www.noice.id/tentang-noice/ (December 12, 2023).

Nurcahyadi, Ghani. 2021. “Noice Luncurkan Fitur Noicebook Bantu Pengguna Pahami Buku.” https://mediaindonesia.com/teknologi/421419/noice-luncurkan-fitur-noicebook-bantu-pengguna-pahami-buku (December 12, 2023).

Rubery, Matthew. 2011. 31 Audiobooks, Literature, and Sound Studies. Routledge.

Sauri, Sopyan, and Purlilaiceu Purlilaiceu. 2019. “Pelestarian Cerita Rakyat Kabupaten Pandeglang Dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3(2): 31–40.

Setyawan, Arief, Fiyan Ilman Faqih, and Izzatul Farihah. 2021. “Nilai Edukasi Dalam Fabel Dari Kumpulan Cerita Dan Dongeng Terbaik Indonesia Sebagai Landasan Pengembangan Fabel Berkearifan Lokal Madura.” Koleksi pribadi.

Setyawan, Arief, Albitar Septian Syarifudin, and Rafiqi A’azzul Akrom. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Teks Hikayat Berbasis Ispring Untuk Siswa Kelas X SMA.” Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya 5(2): 142–59.

Thiagarajan, Sivasailam. 1974. “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.”

Velantin, Valiant. 2020. “Strategi Komunikasi Konten Podcast Di Aplikasi NOICE.” Perpustakaan FIKOM UPI YAI.

Penulis

Arief Setyawan
arief.setyawan@trunojoyo.ac.id (Kontak utama)
Emy Rizta Kusuma

Rincian Artikel